Lihat ke Halaman Asli

Sike Renata

Mahasiswa

Mahasiswa KKN Undip Ciptakan Media Pembelajaran Jaring-jaring Bangun Ruang

Diperbarui: 20 Juli 2021   08:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Dokumentasi Pribadi

Pandemi covid-19 telah berlangsung selama 1 tahun lebih dan membuat seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online, termasuk di Universitas Diponegoro, Semarang. Salah satu syarat kelulusan di Universitas Diponegoro yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN). Dimasa pandemi ini, Undip tetap melaksanakan KKN bagi mahasiswanya, namun dalam bentuk online dan bertempatan di masing-masing tempat tinggal mahasiswanya. Sike Renata, mahasiwa program studi Matematika Universitas Diponegoro melaksanakan KKN di SDIT Shahabat yang terletak di Desa Karangwaru, Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen.

KKN dilaksanakan di SDIT Shahabat bersamaan dengan program Kampus Mengajar, yaitu salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicetuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Program Kampus Mengajar berfokus pada membantu Sekolah Dasar berakreditasi C dalam bidang pengajaran, adaptasi teknologi, serta membantu administrasi yang saat ini sedang terdampak pandemi.

Selama pandemi Covid-19 ini SDIT Shahabat melaksanakan proses pembelajaran 50% daring 50% luring. Untuk meningkatkan rasa semangat dan ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran matematika, mahasiswa KKN yaitu Sike Renata menciptakan sebuah media pembelajaran berupa "Jaring-Jaring Bangun Ruang" yang terbentuk dari kertas HVS. Kertas HVS tersebut dibentuk berbagai macam jaring-jarig kubus dan balok. 

Dengan adanya media pembelajaran jaring-jaring tersebut siswa di SDIT Shahabat dapat dengan mudah memahami bagaimana bentuk jaring-jaring dari kubus dan balok tanpa hanya membayangkan. Mereka dapat bermain sambil belajar dengan menyenangkan dan tidak merasa bosan terhadap matematika

Penulis : Sike Renata - Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing KKN : Solikhin, S.Si., M.Sc.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline