Lihat ke Halaman Asli

Wisnu Adhitama

Jalani hidup hari ini dan rencanakan besok dan kedepan untuk berbuat sesuatu

Tempat Umum nan Kotor

Diperbarui: 4 September 2015   04:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Sampah berserakan di WiFi.id Corner yang ada di daerah Klojen, Kota Malang."][/caption]

Saya adalah orang yang suka pergi ke tempat-tempat umum seperti taman, danau, mall, dan ke WiFi Corner. Selain melepas stres, pergi ke tempat-tempat umum adalah kegiatan yang biasa saya gunakan untuk mengamati pola-pola perilaku masyarakat. Setiap tempat umum pasti memiliki polanya sendiri.

Seperti pagi ini, jam menunjukkan pukul 2 lebih 45 menit. Kali ini saya mengunjungi WiFi Corner yang berada di sekitaran daerah Klojen, Kota Malang. Tidak sering saya mengunjungi WiFi Corner ini. Namun ada hal yang membuat saya prihatin yakni masalah kebersihan salah satu tempat umum ini.

Pertama kali saya datang setidaknya saya telah disambut oleh tumpukan-tumpukan sampah plastik yang berserakan di lantai. Tempat sampah telah disediakan oleh pengelola tempat umum ini (PT. Telkom), namun sayangnya perilaku pengunjung yang buruk serta kapasitas tempat sampah yang kurang memadai membuat sampah-sampah berserakan di lantai.

[caption caption="sampah terlihat di salah satu sudut lain dari WiFi.id Corner Telkom Klojen. "]

[/caption]

Sebenarnya tidak hanya WiFi corner saja yang memiliki problem sampah. Di hampir semua tempat umum memiliki problem yang sama yakni sampah yang berserakan. Meskipun tempat yang "elit", seperti mall, tetap saja sampah yang berserakan bisa ditemukan.

Mall memang memiliki tim cleaning service-nya sendiri, namun mereka hanya bekerja membersihkan saja. Sayangnya kebiasaan jorok sering pengunjung mall lakukan di dalam mall, terlebih di area food court. Kesadaran bahwa kebersihan tetap berada di tangan pengunjung mall sepertinya tidak pernah disadari pengunjung mall.

Selain mall ada juga taman yang biasa dijadikan ajang untuk pamer kejorokan di depan umum. Banyak taman yang terganggu pemandangannya hanya karena sampah-sampah berserakan. Sampah yang berserakan biasanya diselipkan di pot-pot tanaman yang ada di dalam taman. Mulai dari sampah sisa makanan, abu rokok, hingga sampah plastik mewarnai hampir di setiap taman.

Entah apa dan siapa yang salah, namun kebersihan merupakan tanggung jawab bersama. Ketika kita tidak mampu menjaga kebersihan lingkungan terlebih tempat-tempat umum maka jangan salah ketika anda mulai kehilangan tempat untuk berkumpul dan menghabiskan waktu. 

Tempat umum adalah tempat kita bersama, setiap orang berhak untuk mengaksesnya. Kaya, miskin, tua, muda, perempuan dan laki-laki semuanya bebas untuk bisa berada di tempat umum. Jika anda tidak ingin taman kotor, kenapa harus anda yang mengotori tempat umum? Bukankah itu tidak adil? (AWI)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline