Lihat ke Halaman Asli

Lamsihar Siregar

Foto di salah satu lokasi kerja

Dalam Mal di Negara Singapura, Pahlawan Devisa Berjuang

Diperbarui: 15 Juli 2015   09:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dirangkum dari Berita Al Jazeera, memberitakan bahwa beberapa agen pembantu di Singapura kini mulai membangun galeri calon pembantu rumah tangga, galeri itu bertempat di mal yang ada di kota Singapura, tujuan galeri itu tidak lain untuk mempermudah dalam menemukan calon majikan yang baru.

Bukit Timah Shopping Centre adalah sebuah mal yang berdiri sejak tahun 1970-an di kota Singapura, di mal itu disediakan lima lantai khusus galeri calon pembantu rumah tangga, salah satu galeri pembantu yang terlihat adalah galeri pembantu yang berasal dari tenaga kerja indonesia dengan nama galeri “Homekeeper Budget Maid”.

Di dalam ruang galeri itu terlihat puluhan perempuan, perempuan disitu ada yang duduk di kursi dan ada yang berdiri, juga ada yang berakting menunjukkan keramahan dan kerajinan, di galeri itu terlihat iklan bertuliskan “promo super murah“ dan “diskon”.

Mereka selalu mengangguk hormat kepada para pengunjung yang masuk serta kepada banyak pengunjung yang sedang berjalan disekitar galeri itu.

Diberitakan juga, Calon pembantu rumah tangga asal indonesia itu terkadang berakting saling mendorong kursi roda, mereka bergantian mendorong kursi roda itu seolah-olah mereka sedang merawat seseorang yang sudah tua.

Ada juga wanita berakting sedang menimang-nimang boneka bayi dilanjut mengganti popoknya. lalu perempuan lain berdiri dalam ruangan dimana ruang itu sengaja didesaign percis ruang keluarga dengan akting menyetrika kemeja dan merapihkan tempat tidur.

Galeri seperti ini juga telah ada di mal lainnya seperti mal di kota Singapura yaitu Mall Katong Shopping Centre yang beralamat di Mountbatten Road.

Pesan penulis, Waduh Mas Maaf yaahh, Saya anak baru di kompasiana ini, jadi saya belum bisa beri pesan bagi kompasianers apalagi kompasianer senior, kayaknya gimana gitu yah mas mbak,, kayaknya saya belum pantas aja beri pesan gitolohh mas mbak,,hehehe :), saya cuma salut aja atas kegigihan para pahlawan devisa kita ini, Saya cuma bisa berdoa bagi TKI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga ini nanti setelah kalian kembali ke negeri kita ini saya doakan kalian sudah jadi pengusaha di negeri kita ini. :)

Terimakasih sudah membaca.

Salam,

L Sihar Siregar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline