Lihat ke Halaman Asli

Real Madrid Juara La Liga Tahun Ini?

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Real Madrid tetap menjaga jarak 3 poin dengan dengan dua rival utama setelah Barcelona dihajar Real Sociedad 1-3 dan Atletico Madrid digebuk Osasuna 0-3 tanpa balas.

Real Madrid sudah 16 kaliberturut-turut tidak terkalahkan dalam semua ajang musim ini. Catatan memasukkan gol pun lebih baik era sekarang dengan jumlah pertandingan yang sama, dibandingkan era pelatih sebelumnya (Jose Mourinho). Permainan juga lebih aktratif dan menarik dibandingkan era Mourinho yang lebih mengandalkan pragmatisme. Absennya mesin gol utama, Cristiano Ronaldo, akibat skor/larangan bertanding, terbukti tidak berpengaruh pada produktivitas gol. Terakhir, Real Madrid membantai Elche 3-0 tanpa CR7 di lapangan.

Ke-konsisten-an Real Madrid jelas terlihat karena kira-kira 2 bulan yang lalu mereka masih tertinggal 5 poin sama Barcelona dan Atletico Madrid. Sekarang, bahkan meninggalkan 3 poin dua pesaingnya tersebut di belakang. Faktor pelatih kelihatannya sangat berperan disini. Carlo Ancelotti yang telah malang melintang di Eropa dengan menangani klub besar, seperti AC Milan, Chelsea dan PSG, tidak canggung lagi menangani Raksasa Spanyol, Real Madrid. Berbeda dengan Gerardo Martino yang baru datang dari Argentina dan pertama kali menangani klub eropa, bahkan langsung menangani klub sebesar Barcelona dimana tuntutan prestasi dari pengurus klub dan pendukung klub sangat besar. Meskipun pernah menangani klub besar di Liga Argentina, tentu atmosfernya berbeda dengan menangani klub Eropa. Martino pasti terbebani dengan sukses pendahulunya, seperti Pep Guardiola yang sukses mempersembahkan 14 gelar selama 4 tahun menangani Barca atau pengganti Pep, Tito Vilanova yang pernah membawa Barcelona menciptakan start terbaik di liga setelah menang 14 kali berturut-turut yang memecahkan rekor Real Madrid yang telah bertahan selama 60 tahun.

Atletico Madrid yang sekarang menjadi pesaing berat Real Madrid dan Barcelona, sudah bersama pelatihnya, Diego Simeone, sejak Desember 2011. Simeone mampu membawa Atletico Madrid berprestasi di Eropa dengan merebut Europe League dan Piala Super Eropa Tahun 2012, dan baru saja mengalahkan ACMilan dengan skor 0-1 di Liga Champions. Di liga, tahun lalu mampu merebut Piala Copa Del Rey, dan konsisten bersaing di La Liga dengan selalu masuk 4 besar klasemen. Meskipun demikian, Atletico Madrid belum cukup konsisten untuk menjadi juara La Liga.

Prediksi saya, (meskipun terlalu dini menebak karena masih menyisakan banyak pertandingan), Real Madrid akan  juara La Liga musim ini, diikuti Barcelona dan Atletico Madrid.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline