Lihat ke Halaman Asli

Pemkab Sukoharjo Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023

Diperbarui: 20 Desember 2023   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pasukan upacara hari Peringatan Bela Negara ke-75. (Foto: Dokpri)

SUKOHARJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo menggelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023 di halaman Setda Kabupaten Sukoharjo pada Selasa (19/12/2023).

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, bertindak sebagai Inspektur Upacara diikuti oleh tamu undangan seperti pejabat Forkopimda dan Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa.

Peserta upacara yang hadir antara lain personil dari TNI-Polri, Satpol PP, Damkar, pegawai ASN, LDII, Banser, Senkom Mitra Polri, Kokam, Pramuka, perwakilan siswa SMA, serta beberapa organisasi dan instasi lainnya.

Bupati Sukoharjo menyampaikan apresiasi kepada panitia dan semua pihak atas penyelenggaraan acara ini.

"Mengawali sambutan ini, saya atas nama pribadi, dan Pemkab Sukoharjo mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia dan semua pihak, atas penyelenggaraan kegiatan pada pagi hari ini," ujar Bupati.

Selanjutnya, Bupati membacakan sambutan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), yang menyampaikan tantangan ke depan semakin tidak terduga. Tantangan bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

"Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkap Bupati saat membacakan sambutan Presiden Jokowi.

Menurutnya, Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari- hari. Setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

Pada Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 ini, Presiden Jokowi mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. (*)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline