Lihat ke Halaman Asli

Sigit Eka Pribadi

TERVERIFIKASI

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

Kiat "One on One Meeting" dengan Atasan, Ini yang Bisa Diterapkan

Diperbarui: 4 Juni 2024   18:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar meeting one on one antara atasan dan bawahan : Dokumen Foto Via Freepik.com 

Bagaimana one on one Meeting Anda dengan atasan, berjalan lancar atau ada kendala, atau sehabis meeting Anda malah kena damprat oleh atasan Anda?

One on one meeting sebenarnya adalah pertemuan antara dua orang secara intens dengan tujuan tertentu. Misalnya untuk memastikan tanggung jawab bisa terselesaikan, menjalin hubungan komunikasi dengan baik, memberi serta menerima dukungan, dan sebagainya.

Ya, one on one meeting dari bawahan kepada atasan ini enggak mudah, terkadang kita sudah takut duluan kalau atasan cari-cari kesalahan atau cari masalah dengan kita dalam meeting tersebut, padahal belum tentu seperti itu. 

Atasan itu tidak akan mencari-cari kesalahan dalam one on one meeting ini kalau tidak ada hal-hal yang membuatnya ambigu atau memantik emosionalnya dalam menanggapi apa yang akan disampaikan. Intinya, atasan akan fokus pada yang ingin anda paparkan kepadanya, dengan catatan bila kita siap dengan berbagai data dan informasi yang akan disampaikan.

Jangan juga belum one on one meeting ini dihadapi tapi sudah gugup duluan, tapi harus tenang, buang jauh-jauh pikiran akan dimarahi atau hal lain yang justru membuat mental semakin jatuh.

Yang jelas, pertemuan satu lawan satu antara bawahan dengan atasan ini adalah senjata paling ampuh untuk mendeskripsikan apa yang ingin anda sampaikan berkaitan dengan tugas pokok atau project Anda.

Memang tidak mudah untuk menyampaikan apa yang hendak kita sampaikan. Oleh karenanya melalui artikel ini penulis ingin membagikan kiat bagaimana yang bisa diterapkan dalam menghadapai one on one meeting ini dengan atasan.

Lantas apa sajakah kiat yang dapat diterapkan?

Ilustrasi gambar meeting one on one antara atasan dan bawahan : Dokumen Foto Via Freepik.com 

1. Perjelas tujuan anda menghadap atasan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline