Lihat ke Halaman Asli

Sigit Eka Pribadi

TERVERIFIKASI

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

5 Cara yang Bisa Diterapkan dalam Membangun Sense of Belonging di Tempat Kerja

Diperbarui: 14 Juni 2024   15:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar sense of belonging ditempat kerja | Dokumen Foro Via Freepik.com

Bagaimanakah untuk membangun sense of belonging di tempat kerja? Apa sih sebenarnya sense of belonging itu?

Sense of belonging di tempat kerja itu adalah bagaimana keterlibatan untuk membangun budaya rasa saling memiliki antara karyawan dan perusahaan.

Pendekatan sense of belonging ini juga akan menjadi acuan bagi perusahaan untuk bisa memiliki karyawan yang berkomitmen tinggi dan termotivasi tinggi dalam loyalitasnya dan dedikasinya bagi perusahaan.

Termasuk juga membentuk perilaku yang positif karyawan sehingga karyawan benar-benar memiliki tanggung jawab, keterikatan yang kuat, empati dan peduli kepada perusahaan. Sehingga hubungan yang terjalin oleh kedua belah pihak adalah satu kesatuan keluarga.

Tidak mudah memang membangun budaya sense of belonging ini, penuh tantangan dan butuh komitmen yang kuat dari perusahaan sebagai user dari karyawan.

Yang jelas, kalau sense of belonging ini dapat terbangun di antara perusahaan dan karyawan, maka di sinilah bisa dibilang suatu perusahaan adalah perusahaan yang green flag. Antara karyawan dan perusahaan terbangun chemistry yang saling memberikan keuntungan.

Lantas, apa yang bisa diterapkan dalam membangun sense of belonging di tempat kerja ini?

1. Relasi komunikasi fleksibel yang saling terbuka.

Karyawan itu pasti akan merasa nyaman untuk berbagi ide, solusi, dan bahkan enggak akan sungkan mengatakan setuju dalam suatu komunikasi bila pihak perusahaan atau dalam hal ini termasuk atasan mau membuka diri secara fleksibel.

Oleh karenanya membina budaya pola komunikasi yang fleksibel dan saling adaptif untuk bisa saling respek dan responsif untuk mencapai hubungan yang saling menguntungkan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai bersama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline