Saya pernah punya pengalaman enggak menyenangkan soal servis sepeda motor ini, yaitu ketika servis sepeda motor Honda CS 1 saya di bengkel enggak resmi di pinggir jalan dekat rumah.
Saya malah kena "dikerjain" oleh oknum mekaniknya. Padahal saya hanya minta ganti oli mesin motor, eh tanpa persetujuan saya servisnya malah merembet ke yang lainnya. Jadilah ongkos servisnya membengkak.
Dari pengalaman enggak menyenangkan tersebut, maka cukup sekali saya servis dibengkel tidak resmi di pinggir jalan tersebut. Ini bukan berarti saya menjelek-jelekan dan mendiskreditkan semua bengkel pinggir jalan ya, karena memang sih enggak semua bengkel pinggir jalan begitu, tapi yang saya ungkapkan ini adalah karena ulah "oknum" yang membuat saya kapok servis motor dibengkel enggak resmi pinggir jalan.
Jadi, karena pengalaman yang enggak enak ini, maka untuk berikutnya saya memutuskan kembali melakukan servis rutin sepeda motor saya di AHASS, dan memercayakan kepada mekanik AHASS yang andal dan dapat dipercaya.
Sebelumnya memang saya secara berkala melakukan servis di bengkel resmi Honda AHASS, namun karena masa servis berkala waktu itu sudah habis dan dengan pertimbangan di dekat rumah tinggal saya ada bengkel motor, maka saya memutuskan servis rutin di bengkel biasa saja yang deket-deket dengan rumah tinggal saya, maksudnya sih untuk efisiensi waktu dan biaya, eh ternyata kejadiannya saya malah "dikerjain" sama mekaniknya.
Akhirnya dengan pertimbangan dari pengalaman enggak enak inilah, saya kapok servis motor Honda CS 1 saya di bengkel enggak resmi, saya memutuskan tetap servis rutin motor saya di bengkel AHASS dan memercayakan motor saya kepada para mekanik AHASS yang andal dan tepercaya.
Untuk diketahui bersama, AHASS ini adalah singkatan dari Astra Honda Authorized Service Station, yang merupakan bengkel resmi motor Honda satu satunya yang diakui oleh PT. Astra Honda Motor sebagai Agen Tunggal Pemegang Merk di Indonesia dan juga diakui oleh Honda Motor Co.
Sebagai bengkel resmi sepeda motor Honda, maka seluruh mekanik AHASS bekerja berdasarkan Standard Operational Procedure (SOP) yang telah ditentukan. Selain itu, para mekanik AHASS juga terus memperoleh pendidikan dan pelatihan terkait teknis sepeda motor Honda maupun standar layanan bagi konsumen. Sehingga setiap mekanik AHASS memiliki skill yang andal dan selalu di-monitoring serta diawasi dalam memberikan pelayanan kepada konsumen.
Berdasar referensi dari web resmi Astra Honda Motor, jenjang pendidikan dan pelatihan yang ditempuh para mekaniknya, yaitu;