Lihat ke Halaman Asli

Sigit Eka Pribadi

TERVERIFIKASI

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

HRD Perlu Hindari dan Pertimbangkan Ini dalam Merekomendasi Calon Karyawan

Diperbarui: 9 Juli 2020   12:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gambar HRD | Dokumen foto via Sleekr.co


Human Resource Departement (HRD) atau lebih dikenal juga dengan istilah Departemen Sumber Daya Manusia (SDM), secara umumnya sesuai job desk nya di kantor, memang yang termasuk menentukan dalam hal rekrutmen karyawan.

Ya, memang HRD lah yang bertugas memberikan catatan khusus dan rekomendasi kepada pimpinan ataupun pada rapat manajemen tentang bagaimana nilai kelayakan dan kepantasan daripada para kandidat ataupun calon karyawan yang akan direkrut oleh kantor.

Sehingga dalam rangka menunaikan job desk nya ini, maka seorang HRD dituntut harus mampu mengetahui bagaimana tipikal dan nilai kualitas para calon karyawan yang akan direkrut, baik itu pada saat interview hingga saat uji kompetensinya.

Sehingga para calon karyawan ataupun para pelamar kerja yang diterima oleh kantor adalah benar-benar karyawan yang bisa dipertanggung jawabkan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku.

Namun sebenarnya tak hanya itu, karena tentunya juga ada beberapa hal yang harus dihindari dan perlu jadi pertimbangan yang mendasar bagi HRD dalam kaitannya dalam proses rekrutmen dan merekomendasikan para calon karyawan tersebut.

Nah pada artikel ini, disini penulis ingin menekankan beberapa hal mendasar yang perlu dihindari dan jadi pertimbangan yang jadi catatan penting oleh HRD dalam rangka proses rekrutmen dan merekomendasi calon karyawan tersebut.

Sebab apa, seringkali terjadi karena HRD kurang kompeten dalam merekomendasikan calon karyawan, dan terbawa perasaan dan idealisme pribadi, ternyata kedepannya justru jadi bumerang dan masalah pelik di belakang hari dan pada akhirnya bisa berisiko dan berdampak buruk bagi perjalanan karir.

Sehingga dalam hal ini, beberapa hal yang penulis jabarkan ini perlu dihindari dan dipertimbangkan oleh para HRD sebelum merekomendasi dan juga kaitannya dalam proses perekrutan calon karyawan.

Lalu apa saja hal tersebut?

Ilustrasi gambar via Tennesen.com


1. Jangan merekomendasi calon karyawan karena berdasar referensi dari rekan kerja sejawat, hubungan pertemanan dan hubungan sanak famili, hingga alasan karena kasihan.


Ya, terkadang karena perasaan kasihan atau rasa nggak enak hati kepada sanak famili dan hubungan pertemanan ataupun karena calon karyawan yang direkomendasikan tersebut adalah referensi berdasar hubungan sesama teman ataupun sesama rekan kerja, membuat HRD jadi ewuh pakewuh rasanya bila tidak diberi rekomendasi khusus dengan catatan yang layak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline