Lihat ke Halaman Asli

Sigit Eka Pribadi

TERVERIFIKASI

#Juara Best In Specific Interest Kompasiana Award 2023#Nominee Best In Specific Interest Kompasiana Award 2022#Kompasianer Terpopuler 2020#

Menjadi Bernilai dan Berkualitas adalah Keutamaan bagi Karyawan

Diperbarui: 11 Maret 2020   04:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Gambar | Dokumen via Enterpreneurcamp.id

Nilai dan kualitas karyawan adalah tolok ukur kelayakan dan kepantasan karyawan di dalam menjalankan Job Desk sesuai pekerjaan dan jabatannya masing-masing di kantor.


Tolok ukur nilai dan kualitas tentang seberapa layak dan pantasnya karyawan di kantor, sangat menentukan masa depan dan karir seorang karyawan, baik itu promosi jabatan ataupun bertambahnya penghasilan/gaji.


Soal tolok ukur nilai dan kualitas itu seperti apa, standar syarat dan kriterianya seperti apa, semua ditentukan sesuai kebijakan kantor masing-masing, dan dalam hal ini karyawan hanya tinggal menjalaninya sesuai Job Desk masing-masing.

Nilai dan kualitas karyawan, terkadang juga dapat berpengaruh kepada eksistensi seorang karyawan di kantor, apakah dapat bertahan ataukah harus tersingkir.

Tentunya disetiap kantor akan selalu ada aroma persaingan diantara karyawan, baik itu karyawan lama ataupun karyawan baru dan pada umumnya hal itu memang sudah merupakan dinamika yang berlaku.

Yang jelas kantor akan membedakan tolok ukur nilai dan kualitas tersebut sesuai tingkatan level karyawan, atau tidak menyama ratakan penilaian antara karyawan lama dengan karyawan baru.


Sehingga dalam hal nilai dan kualitas karyawan ini, kalau karyawan tidak mampu memacu diri atau mengisi diri, bisa jadi seorang karyawan akan terseleksi dengan sendirinya sesuai tingkatan hasil dari seberapa pantas nilai dan kualitas yang telah diperolehnya.


Maka disinilah kenapa sebabnya nilai dan kualitas harus jadi suatu keutamaan bagi karyawan kalau ingin mendapat tempat yang terbaik di kantor atau minimal bisa bertahan dari kerasnya persaingan diantara karyawan.

Tentunya didalam Job desk karyawan, mengenai siapa berbuat apa, saya sebagai siapa, wewenangnya apa, dan lain sebagainya sudahlah sangat jelas tertera di dalam rincian Job Desk masing-masing.

Memang, tingkatan Challenge atau tantangan Job Desk tersebut berbeda-beda, tapi sudah pasti tolok ukur nilai dan kualitas akan disesuaikan juga dengan level Job Desk masing-masing.

Lalu bagaimanakah caranya memacu diri dan mengisi diri dengan nilai dan kualitas tersebut?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline