Lihat ke Halaman Asli

Sifaul karimah

Semangat menulis

Mengembangkan Peduli Sosial Pada AUD

Diperbarui: 22 Desember 2021   15:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

pentingnya menumbuhkan peduli sosial pada AUD. zaman sekarang adalah zaman teknologi dan kemajuan tegnologi, dalam aspek sosial selalu berkaitan dengan teknologi semakin berkembang teknologi maka semakin tinggi sikap tergantungan pada teknologi dan membuat rasa sosial dan kepeduliah semakin berkurang. maka dari itu tugas orangtua menumbuh kembangkan sikap peduli sosial karna sekarang sudah mulai sedikit orang orang pada lingkungan sekitar, bahkan anak yg tidak paham apa arti peduli sosial dan apa manfaatnya maka tugas orangtua untuk memjelaskan apa sih arti peduli sosial karna apa lah arti kepintaran dan kecerdasan kalau anak tidak tau arti peduli sosial. karna kalau kita lihat bukti dan realita orang orang sukses pasti memiliki sikap peduli sosial dan apa sih peduli sosial itu?

 peduli sosial itu adalah peduli dengan sesama dalam keluarga maupun orang orang sekitar. tips untuk mengajarkan sikap peduli sosial
1. orang tua mengajarkan berbagi, berbagi dengan siapapun atau orang yang membutuhkan.
2. orangtua mengajarkan sifat empati, misal dengan cara menceritakan tentang orang orang yang memiliki jiwa penolong.
3. mengajarkan berbagi kepada teman teman nya saat di sekolah.
4. mengajarkan anak merawat hewan pliharaan agar anak memiliki rasa peduli pada hewan.


apa sih empati itu? empati adalah kemampuan untuk  menyadari, memahami dan menghargai perasaan dan pikiran orang lain. Orangtua  lebih sering bercerita agar dapat membuat anak lebih merasa dekat. Dari sini kita dapat mencontohkan hal hal baik untuk anak misal kita menceritakan bahwa semua orang tidak bisa hidup sendiri karna pasti butuh saling menolong dan tanamkan pada anak jika menanam kebaikan pasti akan memanen kebaikan juga. Terkadang anak lebih paham saat di contohkan orangtua harus mencotohkan sikap sikap peduli sosial seperti misal orang tua menolong orang saat butuh pertolongan dan anak akan menangkap perbuatan baik yang di lakukan orang tua nya  tidak hanya itu orang tua juga harus mengajarkan anak peduli lingkungan sekitar seperti dengan tumbuhan dan mahluk hidup lainya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline