Lihat ke Halaman Asli

Sifah Haryati

Mahasiswi

Sistem Pengendalian Manajemen PT Suzuki Finance Indonesia

Diperbarui: 20 Juni 2024   12:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pembangunan ekonomi yang semakin cepat dan luas telah memicu peningkatan kebutuhan konsumen terhadap barang, termasuk peralatan elektronik, kendaraan, dan rumah. Kebutuhan transportasi juga meningkat, dengan banyak orang yang membutuhkan mobil untuk menuju tujuan mereka. Hal ini telah menyebabkan pertumbuhan industri otomotif, termasuk sektor pembiayaan. PT. Suzuki Finance Indonesia adalah salah satu perusahaan yang berperan penting dalam industri ini.

Profil PT. Suzuki Finance Indonesia

PT. Suzuki Finance Indonesia adalah sebuah perseroan terbatas yang didirikan pada tahun 2005 dengan Surat Keputusan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor C-03253HT.01.04.TH.2005 sebagai sebuah perusahaan pembiayaan konsumen untuk sepeda motor baru dan tiga tahun kemudian, pada tahun 2011, SFI juga mulai menyebarluaskan pembiayaan untuk mobil baru dengan pembukaan enam kantor cabang baru. PT Suzuki Finance Indonesia terus tumbuh dan berkembang sebagai Perusahaan Pembiayaan terkemuka yang berorientasi terhadap kebutuhan pelanggan untuk memiliki produk-produk Suzuki di Indonesia, hal ini sejalan dengan tujuan Suzuki Motor Corporation (SMC) untuk meningkatkan market Suzuki di Indonesia.

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi PT. Suzuki Finance Indonesia adalah menjadi market leader untuk produk Suzuki di Indonesia, sementara misi adalah membina merek yang dipercaya melalui produk dan jasa yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen.

Tata Nilai

PT. Suzuki Finance Indonesia memiliki lima nilai dasar: Kepribadian, Kepercayaan Pelanggan, Profesionalisme dan Tanggung Jawab, Kerjasama yang Positif, dan "Suzuki Finance Indonesia adalah Rumah Kami".

Struktur Organisasi

Struktur organisasi PT. Suzuki Finance Indonesia terdiri dari beberapa departemen, yaitu manajemen, keuangan, marketing, sumber daya manusia, dan operasional.

Penganggaran dan Keuangan

Pada tahun 2022, perusahaan mencapai laba bersih setelah pajak sebesar IDR 43,7 milyar atau 482,27% dari target tahun 2022 sebesar IDR 9,06 milyar. Dari sisi pembiayaan baru, perusahaan menyalurkan IDR 2,24 triliun atau mencapai 98,33% dari proyeksi tahun 2022 sebesar IDR 2,28 triliun.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline