Lihat ke Halaman Asli

Lebih Memilih Menggunakan Pembantu Rumah Tangga atau Vacum Cleaner?

Diperbarui: 10 Agustus 2017   13:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sudah kenal sama vacuum cleaner kan? Dijaman ini memang sudah banyak yang meninggalkan pekerjaan manual, dan beralih pada alat yang memiliki mesin bermotor. Jika sudah dimudahkan dengan perangkat pintar kenapa tidak kita manfaatkan dan memfungsikannya dengan baik, dan mengalokasikan waktu, yang sebenarnya dapat kita gunakan untuk hal yang lebih penting lainnya, seperti mengistirahatkan tubuh, atau quality time bersama keluarga tersayang.

Para ibu rumah tangga, yang biasanya sangat mengidamkan robot pembersih lantaiini. Seperti yang kita tahu, semua urusan sumur, dapur dan kasur, pasti wanita hebat satu ini yang menangani dan membereskannya. Jadi, betapa tidak di elu-elukannya alat ini, bahkan hingga membuat kita lupa bahwa ada pekerjaan menyapu dan mengepel.

Nah, lalu bagaimana dengan seorang yang lebih memilih bergelut pada karirnya, dan membuatnya merasa sibuk dengan tumpukan pekerjaan kantor? Belum lagi dengan semua tugas yang mengharuskannya keluar kantor? Setiap pulang kerumah yang pertama dicari ya kasur bukannya malah sapu, karena mendapati lantai yang kotor, seperti tak terurus. Lalu, cukupkah jika hanya dengan vacuum cleaner robotics?

Pembersih lantai yang mandiri ini memang sangat bisa diandalkan, karena ia dapat bekerja setiap hari, bahkan kita tinggal bekerja atau saat tidak ada orang dirumah. Hmp, tapi apa ekstensinya dapat  dibandingkan dengan pembantu atau asisten rumah tangga? Fikirkan lagi beberapa hal yang mungkin harus dipertimbangan sebelum memilih salah satunya.

1. Bagi sebagian kalangan memang mungkin lebih baik memilih pembantu rumah tangga, karena tak seperti vacuum cleaner yang hanya bisa membersihkan lantai, namun ART juga bisa merapihkan barang-barang yang bergelatakan tidak pada tempatnya

2. Kalau berfikir vcuum cleanerrobotics lebih mahal, kalikan berapa bayaran pembantu rumah tangga setiap bulannya dalam setahun? Dan memang ya, robotic ini cukup mahal tapi tak perlu bayar lagi perbulannya. Bahkan bisa dipekerjakan selama bertahun-tahun.

3. Jika dinilai dari kebersihan yang dihasilkan, vacuum robot dapat dipercaya karena lebih dapat meraih setiap sudut ruangan hingga ke kolong furnitur yang rendah. Bagi sebagian ART, itu adalah hal yang ribet, atau mungkin majikan juga tidak akan tahu jika tidak dibersihkan. Tapi, kelebihan dari ART yaitu memiliki flexibelitas yang tak dapat dilakukan oleh robot. Pembantu biasanya, tidak dipekerjakan bukan hanya untuk membersihkan lantai tapi juga semua pekerjaan rumah mulai dari cucian piring hingga cucian baju.

4. Belum lagi jika ART sakit, mudik, hari raya dan lain sebagainya, selain kita harus mengeluarkan uang lebih, rumah juga tidak akan ada yang memebersihkan dalam waktu yang lama. Masalah pada vacuum robot, hanya perawatannya yang hanya cukup dengan dibersihkan bagian-bagiannya.

Bagi penulis sendiri sih lebih memilih vacuum robot, kenapa? Yaah, salah satu alasannya dari  budget dan waktu yang lebih konsisten. Kembali pada masing-masing, beda kepala, beda juga pilihannya. Selamat memilih!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline