Lihat ke Halaman Asli

Sifa Larasati

Mahasiswa

Kegiatan Magang Kampus Merdeka 2022 sebagai Divisi Network Engineer BPJPH

Diperbarui: 12 November 2022   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kampus merdeka merupakan sebuah kesempatan yang diberikan seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mendapatkan dan mengasah kemampuan sesuai dengan bakat dan minta dengan terjun langsung ke dunia kerja (Studi independent dan Magang Bersertifikat). 

Tentunya Kegiatan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini merupakan bentuk dari Langkah awal untuk mempersiapkan karir mahsaiswa di masa depan. Kampus merdeka memiliki banyak program diantaranya adalah Magang dan Studi Independen, Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Wirausaha Merdeka, serta Indonesian International Student Mobility Awards.

Program yang penulis ikuti adalah Magang Bersertifikat. Kegiatan ini memiliki periode kegiatan yang berbeda pada mitra-mitranya. Periode Kegiatan di mitra Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal untuk magang Batch 1 yaitu Tanggal 10 Februari 2022 -- 10 Juli 2022 (5 bulan). BPJPH merupakan badan yang mempunyai tugas melaksanakan penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) sesuai dengan ketentuan per Undang - Undang dan berada di bawah Kementerian Agama. BJPH berkerja sama dengan Kemendikbud Ristek RI untuk memberikan kesempatan untuk terjun langsung kedunia pekerjaan atau magang. 

BPJPH dalam kegiatan ini adalah dengan mewujudkan Sertifikasi Halal bagi UMK dan Kerjasama Internasional. Dalam hal ini mahasiswa diharapkan dapat membangun otomasi sistem informasi halal, pengelolaan keuangan pada Badan Layanan Umum, pengelolaan data, pengelolaan publikasi jaminan produk halal, legal drafting, hubungan internasional, bahasa inggris, aktuaria, dan marketing.

BPJPH membuka banyak divisi, salah satunya adalah divisi yang penulis ikuti yaitu network engineer. Terdapat juga kompetensi dan jobdesk yang harus dicapai yaitu adalah Pengenalan Perangkat Server Sihalal, Monitoring Stabilitas Server, Memperbaiki Kerusakan Perangkat Server Sihalal, Monitoring Keamanan Jaringan, 

Memperbaiki Celah Keamanan Jaringan, dan Monitoring Kapasitas Penyimpanan. Kegiatan magang ini dilaksanakan secara Offline/ Work form Office (WFO). Adapun Jam kerja selama kegiatan magang yaitu dari hari Senin sampai dengan Jum'at jam 08.00 -- 16.00. Dalam hal ini divisi Network Engineer digabung satu cluster dengan divisi IT dan Sistem Informasi untuk mewujudkan terintegrasinya sistem informasi BPJPH.

 Baik Website, jaringan komputer dan internet Gedung, dan Media social masuk dalam cluster tersebut. Setiap minggu nya terdapat rapat dengan mentor yang membahas progres dan tugas - tugas yang akan diberikan. Progress dan tugas yang dikerjakan akan dipantau ataupun diberi masukkan sehingga mahasiswa dapat mengerjakan tugas tersebut.

Projek akhir yang dikerjakan oleh penulis dan divisi network engineer adalah Rancangan Jaringan Komputer Logis dan Fisik Gedung BPJPH. Gedung BPJPH yang berlokasi di daerah Jakarta Timur memiliki 4 lantai. Setiap lantai pada Gedung tersebut telah memiliki beberapa akses poin yang dapat digunakan untuk keperluan internet. 

Namun pada saat penulis magang belum ada jaringan komputer yang mendukung kegiatan perkantoran karyawan. Karyawan tidak dapat saling terhubung dengan karyawan lainnya menggunakan akses poin yang tersedia. 

Sehingga diperlukannya jaringan komputer yang mendukung terhubungnya seluruh komputer pada Gedung BPJPH. Dalam projek tersebut penulis merancang kebutuhan perangkat, merancang letak perangkat disetiap lantai, serta juga merancang jaringan logis dan fisik Gedung BPJPH. 

Hasil dari projek tersebut diharapkan dapat membantu mewujudkan terintegrasinya Gedung BPJPH. Kemudian diakhir kegiatan terdapat penutupan, pemberian sertifikat, dan juga farewell party yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa magang BPJPH, mentor, dan juga Panitia MSIB BPJPH. (Penulis : Sifa Larasati)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline