Lihat ke Halaman Asli

Animasi Indonesia, Bisa!

Diperbarui: 24 Juni 2015   06:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Ipin upin, serial animasi dua kembar unik sukses mencuri hati pemirsa Indonesia. Cerita yang menarik, bermutu serta berkualitas, mampu menjadi idola umat di negara asalnya; Malaysia, serta negara negara tetangganya.

Berkisah dalam kunjungan Hicca Studios ke Malaysia pada tahun 2012 lalu (atas prakarsa Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ), Bapak Burhanuddin, selaku pemilik Studio Animasi Les' Copaque Production, Ipin Upin mampu diproduksi berkat bantuan dari Pemerintah senilai 2 Milyar, dari dana tersebut ditargetkan sebuah studio animasi mampu membuat satu buah karya jadi yang berkualitas dan layak jual dalam waktu satu tahun. Begitupun hal yang sama di negara Singapura dan BruneiDarussalam. Pemerintah sadar, industri kreatif sangat berkembang danmampu dijadikan tonggak ekonomi baru sebuah negara.

Di akhir Oktober 2013 ini, patut kita apresiasi munculnya karya anak SMK yang akan tayang di bioskop Indonesia. Dengan umur belasan tahun, mereka mampu membuat karya sekelas layar lebar. Sebagai salah satu studio animasi di Yogyakarta, kami mengapresiasi bantuan Pemerintah kepada tim SMK dalam pembuatan serial dan film ini. Hal yang menjadi pertimbangan selanjutnya adalah, penyaluran tenaga kerja ke dalam industri yang mampu mewadahinya dalam dunia nyata, tentunya studio animasi sebagai penerima animator atau SMK jurusan animasi.

Sebagai studio animasi yang sedang berkembang dalam visi panjang dan internasional, tekad kami adalah memberdayakan dan menciptakan karya hebat dari dalam negeri, khususnya dengan SDM anak negeri lulusan SMK. Dukungan material dan imaterial tentunya menjadi hal yang berkelanjutan supaya kami mampu menjalankan roda animasi sebagai industri kreatif yang akan menyuguhkan karya bermutu untuk dunia, dan yang utama adalah turut membantu perekonomian kreatif Indonesia.

Program kami dua tahun kami ke depan adalah menciptakan serial animasi yang siap untuk dijual internasional, membutuhkan bantuan pemerintah untuk akses pemasaran internasional serta dukungan dana usaha sebagai modal awal produksifilm serial yang berkualitas internasional, yang bisa digunakan untuk penyediaan software resmi, peralatan, serta operasional. Kami percaya diri, dengan dukungan produksi awal dan pemasaran yang memadai, karya studio animasi Indonesia mampu diterima pasar internasional dan menjadi besar karena pemberdayaan anak negeri yang berkualitas.

Kami berterimakasih atas kepedulian Pemerintah terhadap perkembangan animasi yang bergelora di negeri ini, bukan hanya satu, bahkan beberapa Kementrian, namun sayangnya beberapa skema sama, jangka pendek berupa perlombaan, seminar, pameran, kunjungan.

Harapan kami, akan menjadi hebat jika dari beberapa Departemen Kementrian memiliki dukungan dalam bentuk yang berbeda tapi saling bersinergi. Departemen pendidikan lebih ke arah pengembangan SDM; semisal workshop bermanfaat dari para profesional.

Departemen Perindustrian mendukung Industri agar berkembang secara internal; pengasahan kemampuan secara maksimal serta peralatan studio yang optimal. Departemen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung pemasaran dan penjualan; semisal dalam bentuk bantuan dana pemasaran untuk pameran dan pitching internasional serta akses ke distributor asing.

Kami menyakini, dukungan penuh pemerintah terhadap pilar utama dari pelaku penggerak Industri animasi mampu menjadikan industri animasi besar karena anak negeri dan menjadi raja di rumah sendiri.

Salam animasi!

Hicca Animation Studio, 11 Oktober 2013.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline