Lihat ke Halaman Asli

La Rochelle: Kota dengan Jumlah Pelajar Terbanyak ke-3 di Prancis

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Nomor satu tentu saja Paris dan kedua adalah Dijon. Sebelum tahun 2009, La Rochelle menduduki posisi ke-2, tetapi tahun ini disalip oleh Dijon, kota yang terletak antara Paris & Lyon. Menurut data Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) La Rochelle, jumlah pelajar di kota ini pada tahun ajaran 2009-2010 adalah 20 orang. Tentu saja jumlah ini selalu berubah, karena setiap tahun ada saja yang datang dan pergi.

La Rochelle adalah kota wisata di ujung barat Prancis yang berbatasan langsung dengan Samudera Antlantik, bila naik kereta TGV dari Paris, waktu tempuhnya sekitar 3 jam. Menurut saya terdapat beberapa alasan yang membuat La Rochelle menjadi salah satu tujuan terbesar pelajar indonesia untuk mencari ilmu di Prancis, yaitu :

1.Universitas negeri disini yaitu Université de La Rochelle telah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia seperti : Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret Solo, dll.

2.Promosi Université de la Rochelle di Indonesia berlangsung efektif karena ada beberapa dosen yang lancar berbahasa Indonesia.Ditambah lagi ada orang Indonesia yang menjadi dosen disini.

3.Terdapat pusat belajar Bahasa Prancis untuk orang asing yaitu CUFLE (Centre Universitaire de Français Langue Etrangère), sehingga mahasiswa yang belum menguasai bahasa prancis sama sekali bisa datang ke La Rochelle untuk belajar bahasa dulu.

4.Ada jurusan « Indonesia » disini, sehingga ada kesempatan bertukar pengetahuan dengan mahasiswa Prancis yang sedang belajar tentang negara Indonesia.

5.La Rochelle adalah kota yang tenang dan nyaman untuk belajar.Letak Universitas yang dekat dengan permukiman penduduk memungkinkannya untuk dijangkau dengan berjalan kaki ataupun naik sepeda, tidak perlu menggunakan angkutan umum.Dan juga menurut saya penduduknya ramah untuk ukuran Prancis.

6.Sambutan yang hangat dari PPI La Rochelle untuk anggota baru. Setiap anggota baru akan dibantu hingga dapat hidup nyaman di kota ini.

7.Selain itu biaya kuliah disini juga relatif murah, untuk kuliah setingkat master biaya kuliah dan « Sécurité Sociale » adalah sekitar 400 Euro per tahun atau 4.800.000 rupiah per tahun (kurs 1 £ = 12.000 rupiah).Yang relatif mahal adalah biaya hidupnya yaitu minimal 600 Euro per bulan, namun jumlah ini tentu saja lebih murah bila dibandingkan biaya hidup di Paris.

Jadi jangan ragu untuk datang ke La Rochelle buat belajar ataupun sekedar untuk berwisata,rekan-rekan disini selalu siap untuk membantu.

Siddiq PRATOMO

le 19 Juillet 2010




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline