Lihat ke Halaman Asli

SiddStory

Malamnya akhirat Siangnya duniawi.

Pengertian Islam menurut Al-Qur'an & Hadist

Diperbarui: 6 Juni 2021   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bismillahirrahmanirrahim,

Di zaman sekarang Islam diartikan sebagai salah satu agama dari sekian banyak Agama yang dianut beberapa golongan manusia yang ada di muka bumi ini.

Nah sekarang kita akan membahas tentang Pengertian Agama Islam. Meskipun di zaman sekarang Islam dianggap sebagai salah satu dari sekian banyak Agama yang dianut manusia di muka bumi ini.

Secara umum Agama Islam merupakan syariat-syariat Allah SWT yang diturunkan kepada semua Nabi dan Rasul dari zaman terdahulu.

Nah, secara khususnya Agama Islam merupakan agama yang (dibawa) oleh Baginda Nabi Muhammad SAW atau yang (diwahyukan) oleh Allah SWT sendiri kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Jadi Islam ini bukanlah agama yang diciptakan atau dibuat oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, tetapi agama yang diamanahkan, diwahyukan Allah SWT sendiri kepada Nabi Muhammad SAW untuk mengakhiri serta menyempurnakan agama-agama lain untuk para hamba-Nya & buktinya adalah Al-Qur'an itu sendiri. 

Dalam beberapa hadits dan surat dalam Al-Qur'an, Allah SWT berfirman bahwa Dia hanya meridhai Islam sebagai Diennya (agamanya), yaitu :

✓Al-Ahzab 40 : "Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki diantara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi..." 

✓Al-Maidah 3 : "...Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Kuridhai Islam itu jadi agama bagimu...

✓Ali 'Imran [3]:19 : "Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya."

✓Ali 'Imran [3]:83 : "Maka apakah mereka mencari agama lain selain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allahlah mereka dikembalikan"

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline