Lihat ke Halaman Asli

Review Data Warehouse OLAP

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Data Warehouse adalah data-data yang berorientasi subjek, terintegrasi, memiliki dimensi waktu, serta merupakan koleksi tetap yang digunakan dalam mendukung proses pengambilan keputusan (decision making). Nah, Data Warehouse ini biasanya diaplikasikan oleh orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di dalam sebuah perusahaan. Contohnya, posisi sebagai Manajer. Jadi, Data Warehouse itu sendiri sangat membantu untuk mendukung proses analisa yang dilakukan Manajer dalam mengatasi masalah perusahaan atau keputusan untuk pengembangan perusahaan.

Berikut ini hal-hal yang telah kami kerjakan dalam mempelajari Data Warehouse di semester 6 jurusan Sistem Informasi :

1. Presentasi melalui video, dengan tugas pertama yaitu merekam beberapa instalasi. Kami memutuskan untuk menggunakan perangkat lunak bernama "Camtasia Studio" yang dapat merekam semua aktivitas yang berada dalam komputer, seperti halnya 'printscreen', namun perangkat lunak ini digunakan untuk merekam semua aktivitas tidak hanya mengambil gambar saja. Beberapa tugas  kami ini diantaranya :

-     Merekam instalasi Microsoft SQL Server. Dimana Microsoft SQL Server ini berfungsi  untuk mempelajari cara membuat database, tabel, dan memanipulasi 'Query SQL'.

-     Merekam instalasi Adventure Work. Adventure Work merupakan kumpulan sampel-sampel database.

-     Membuat Query SQL dari database, Adventure Work di dalam Microsoft SQL Server untuk kemudian dijadikan Scenario Manager, dan merekam pembuatan tersebut. Maksud dari Scenario Manager ini yaitu sekumpulan Query yang diambil dari database yang nantinya digunakan dalam pengambilan keputusan.

Dibawah ini adalah video hasil tugas pertama kami tentang tutorial install Microsoft SQL Server.


2. Mengerjakan 20 lesson yang ada didalam buku SSIS Knight?s 24-Hour Trainer Microsoft SQL Server 2008 Integration Services. Buku tersebut berisi tentang cara penggunaan Microsoft SQL Server. Sama halnya seperti tugas pertama, tugas kedua juga melakukan perekaman tugas melalui video. Hanya saja kesulitan tugas kedua setingkat lebih tinggi. Dan yang unik dari tugas kedua ini adalah tiap kelompok diminta untuk mengoreksi pekerjaan dari kelompok lain, dimana nilai yang akan diperoleh didapat dari perbandingan pekerjaan tugas antar kelompok. Jadi tugas ini benar-benar kami kerjakan dengan teliti karena akan mendapatkan nilai tambahan jika pengerjaan kelompok kami lebih baik dari kelompok lain.



3. Kontes Blog. Kontes blog ini merupakan tugas terakhir sebelum Ujian Tengah Semester. Spesifikasinya, tugas ini bertujuan untuk bersaing menarik perhatian semua orang sebanyak mungkin dengan membuat artikel yang menceritakan tentang apa saja yang telah didapatkan sampai sekarang dalam mata kuliah "Data Warehouse OLAP" ini.

Demikianlah maksud artikel ini dibuat. Mohon maaf jika masih terdapat kekurangan di dalam tulisan ini. Sekiranya pembaca merasa tertarik tetapi masih kurang paham, silakan bertanya di kolom komentar.

Terimakasih. . .




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline