Salah satu unsur utama dalam transaksi jual beli secara online adalah layanan pengiriman paket. Pengiriman paket yang cepat, tepat dan aman sampai di tempat tujuan adalah yang diinginkan setiap konsumen. Namun pada kenyataanya tidak semua kiriman paket dapat terlaksana sesuai dengan estimasi yang seringkali ditampilkan ketika akan membeli suatu barang. Jika ditelisik lebih lanjut, banyak hal yang bisa menjadi penyebab keterlambatan ini. Kesalahan bisa terjadi di aspek mana saja, dari pembeli, penjual, atau justru dari jasa pengirim itu sendiri.
Secara singkat berikut adalah beberapa yang menjadi biang dari keterlambatan paket sampai ke tangan konsumen :
- Keterlambatan Penyerahan Paket ke Jasa Pengiriman Barang
Keterlambatan ini merupakan kesalahan penjual sepenuhnya dimana penjual barang memang terlambat untuk mengirimkan barangnya. Kejadian ini seringkali disebabkan karena stok barang yang sedang habis namun
tidak melakukan konfirmasi terlebih dahulu dengan pembeli. - Kesalahan Data Pembeli
Terkadang pembeli sendiri juga melakukan kelalaian ketika memasukkan data alamat sehingga bisa menyebabkan kurir yang mengirim paket kesulitan menemukan alamat tujuan. Jika hal ini terjadi masih ada kemungkinan paket akan tetap sampai jika pihak kurir menelfon dan menanyakan alamat yang benar terhadap pembeli. Namun tetap saja hal ini akan menghambat proses pengiriman berjalan sesuai estimasi. - Masalah di Gudang Ekspedisi
Masalah bisa terjadi karena banyak faktor misal terjadinya penumpukan yang seringkali terjadi saat ada momen spesial tertentu. Bisa juga terjadi karena faktor eksternal seperti bencana alam yang membuat paket harus tertahan digudang. - Kurir yang Lambat Mengirimkan Barang
Setelah barang sampai di gudang yang ada di setiap daerah maka selanjutnya adalah tugas kurir untuk mengantarkan sampai kerumah. Tidak jarang keterlambatan yang terjadi justru karena kurir yang kurang kompeten atau memang terkendala cuaca terutama pada saat musim hujan sehingga memperlambat kinerja kurir. - Jasa Ekspedisi yang Lambat
Pilihan jasa ekspedisi yang ada saat ini sudah sangat banyak. Namun demikian tidak semua jasa ekspedisi memiliki reputasi yang bagus. Ada juga yang masih mengalami masalah pada proses pengirimannya. Oleh karenanya pihak pembeli maupun penjual harus lebih teliti agar tidak salah memilih ekspedisi.
Rahmat Eko Hidayat, R&D Siba Cargo - mengungkapkan, kami meiliki strategi dan jalur distribusi operasional yang baik dan Kami juga telah mengembangkan sistem tracking kami sendiri untuk mengetahui posisi barang konsumen berada. Kendala dilapangan tidak sering terjadi namun akami tetap memberikan informasi yang tepat kepada konsumen melalui sistem tracking.
Demikian informasi kendala-kendala dilapangan saat proses pengiriman barang. terima kasih telah membaca !
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H