Lihat ke Halaman Asli

Rachmat Ariyanto

Tidak Hitam Putih

Sedulur Mamat Bung Ronny

Diperbarui: 29 Maret 2021   13:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bung Ronny

Kurang lebih 1 tahun yang lalu, melalui Bung Sahat Sinurat (Sekjen GAMKI) Mamat diperjumpakan dengan seorang anak muda disebuah kedai kopi dikawasan Jakarta Selatan, Bung Sahat menawarkan pada Mamat untuk memberikan dukungan politik pada anak muda tersebut untuk dapat menjadi Ketua KNPI DKI. 

Framing yang diutarakan Bung Sahat tentang profil tokoh kita ini pada Mamat cukup luar biasa. Latar belakang pendidikannya, profesi serta bisnisnya menunjukkan kualitas personal yang layak untuk ditarungkan dalam upaya pencaharian sosok pemimpin muda di organisasi kaum muda. Anak Muda itu bernama Ronny Bara Pratama.

Sebelumnya, berangkat dari mandat yang Mamat terima sebagai care taker DPD KNPI DKI perintah tertulis hanya satu, yaitu memastikan Musyawarah Daerah (musda) dapat terselenggara, oleh karenanya hanya dua persoalan besar yang Mamat ikhtiarkan sebagai care taker yaitu melaksanakan musda serta mengupayakan musda bersama dan mencari sosok pemimpin yang tepat sebagai nakhoda KNPI DKI untuk Mamat perjuangkan dalam musda tersebut.

Kembali ke ngopi, kesan pertama Mamat ketika pertama kali tatap muka dan jiwa dengan Bung Ronny cukup meyakinkan, ia good locking dalam pandangan Mamat baik dengan atau tanpa kaca mata, dalam dunia visual saat ini fisik memang menjadi catatan khusus diruang publik agar massa tertarik. 

Dalam pembicaraan berlangsung pikiran-pikiran Ronny beberapa kali mengejutkan Mamat, banyak ide-ide mendasar yang dimilikinya guna menjawab tantangan kepemudaan saat ini untuk digunakan sebagai modal menyongsong pertarungan dimasa depan. 

Tak mengherankan semestinya karena Bung Ronny merupakan lulusan S1 Padjajaran dan S2 Universitas Indonesia. Namun ada satu hal yang membuat Mamat semakin jatuh hati pada Bung Ronny sebab satu statementnya setelah mereguk gelas kopi ke dua,

"Saya tidak akan maju jika tidak dalam Musda Bersama Bang"

Bagi Mamat pernyataan ini adalah gong keluhuran. Menunjukkan bung Ronny memiliki prinsip dalam gerakan politik. Ia tak semata bicara tentang jabatan atau kekuasaan, tapi ada nilai-nilai yang turut serta diperjuangkan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap keputusan, dan bagi kepemimpinan itu merupakan modal dasar agar tak gampang terbang ataupun tumbang berada ditengah gelanggang.

Sebelum balik kanan dari perjumpaan awal tersebut Mamat tak butuh waktu berfikir menimbang menetapkan dan memutuskan, Mamat nyatakan kesiapan menjadi bagian utuh dan menyeluruh untuk menghantarkan Bung Ronny sebagai Ketua KNPI DKI Jakarta, dan sepanjang jalan pulang Mamat berdoa pada Tuhan agar jalan dimudahkan.

Mamat & Bung Ronny

Seiring waktu berjalan Bung Ronny menunjukkan keseriusannya. Seluruh rekomendasi tim dijalankannya. Disambanginya satu persatu OKP pemilik suara untuk bersilaturahmi menyampaikan maksud dan tujuan, meyakinkan dengan gagasan dan memberi kenyamanan melalui persaudaraan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline