Lihat ke Halaman Asli

Steffi

Murid SMP

Cara Jadi Versi Terbaik Diri Kita

Diperbarui: 14 Oktober 2024   15:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alodokter.com

Haloo sobat Kompasianer, kali ini saya mau membahas tentang versi diri kita yang paling baik. Sebelumnya, mari bahas siapa itu diri kita dengan versi yang terbaik? Jadi, dalam diri kita ada 2 macam sifat dan kepribadian, yaitu yang benar dan yang salah. Contohnya bagaimana? Misalnya, dalam diri kita ada rasa rajin dan juga rasa malas. Akan tetapi, uniknya, rasa malas lebih mudah untuk mengalahkan sikap rajin kita. Oleh sebab itulah banyak orang kesulitan untuk menjadi dirinya versi terbaik. Nah sekarang, yuk kita bahas bagaimana sih caranya menjadi diri kita yang terbaik?

1. Cintai diri sendiri.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menerima diri apa adanya dan mencintai diri sendiri. Mengapa? Karena dengan mencintai diri kita sendiri, kita bisa belajar menerima dan memahami kelebihan maupun kekurangan yang kita miliki. Dengan mencintai diri kita sendiri juga, kita akan lebih peduli terhadap diri kita seperti kesehatan kita. Tidak hanya sampai disitu, menurut studi oleh Psychological Science pada 2014, orang yang cinta dengan dirinya memiliki peluang yang sangat besar untuk sukses dalam hubungan interpersonal maupun karier.

2. Glow up (inner&outer).

Langkah berikutnya yaitu dengan glow up.. Tapi, glow up itu ada 2 jenis, yaitu secara dalam diri dan secara luar diri/fisik. Saya menyarankan untuk mulai dari inner glow up terlebih dahulu karena inner glow up pengaruhnya lebih besar dibandingkan dengan outer glow up. Jadi, yuk mulai bahas soal inner glow up. 

Inner glow up itu apa? Jadi, inner glow up adalah perubahan dari dalam diri kita menuju ke arah yang lebih baik. Contoh perubahannya itu ada perubahan mindset dari yang pesimis menjadi optimis. Saya dulu juga merupakan orang yang pesimis.. Akan tetapi, semenjak saya belajar mengenai inner glow up ini, saya merubah mindset saya yang selalu negatif, menjadi positif. Maksudnya gimana? Misalnya, saya kehilangan dompet saya. Kalau saya pesimis, saya akan berpikir buruk seperti 'ada yang mencuri dompet saya nih' atau 'aduh, nasib saya sial banget', dan lain semacamnya. Akan tetapi, kalau saya merubah pola pikir saya supaya lebih positif, saya akan berpikir seperti 'waduh, dompet saya hilang.. artinya lain kali saya harus lebih hati-hati dalam membawa barang maupun menyimpan mereka'. Dalam setiap keadaan, baik yang susah maupun mudah, pasti ada hikmah yang bisa kita ambil, jadi cobalah kalian terapkan pola pikir ini.

Sedikit fakta menarik, pola pikir ini sebenarnya dipopulerkan oleh seorang idol Korea bernama Wonyoung (Ive). Pola pikir ini disebut Lucky Vicky, karena ia tidak pernah merasa 'sial' dalam keadaan apapun. Salah satu contoh penerapan Lucky Vicky ini adalah sebagai berikut : Suatu hari, Wonyoung/Vicky sedang ke toko roti. Namun, tukang rotinya mengatakan bahwa sebelum ia datang, ada seorang pelanggan lain yang datang dan membeli semua roti sampai habis. Orang yang negative thinking akan berpikir dirinya sedang tidak beruntung, tapi berbeda dengan Wonyoung yang malah berterima kasih kepada pelanggan yang telah membeli roti sampai habis. Karena berkat pelanggan tersebut, Wonyoung bisa mendapat roti yang baru saja selesai di panggang. Menarik bukan?

Selanjutnya, kita akan membahas tentang outer glow up atau glow up secara fisik. Dibanding inner glow up, outer glow up akan lebih terlihat, tapi meski begitu inner glow up lebih terasa dampaknya dalam diri kalian. Outer glow up itu apa ya? Apakah kita akan merubah penampilan? Hmm.. yaaa bisa dibilang begitu, sih.. outer glow up yang ingin saya tekankan disini adalah perubahan pada fisik kita menuju ke tubuh yang sehat dan bugar, bukan perubahan seperti makeover, gaya pakaian, dll. Jadi, kalau kita dulunya jarang berolahraga dan makannya junk food terus, ayo coba ganti menu makanannya supaya lebih seimbang dan bergizi serta mulailah berolahraga setidaknya 15-30 menit per minggu. Outer glow up saya rasa tidak terlalu rumit, intinya menjaga penampilan agar tetap sehat dan fit saja.

3. Percaya diri.

Percaya diri/PD adalah salah satu kualitas yang harus dimiliki seseorang. Dengan kita menjadi percaya diri, kita akan lebih berani dalam berbagai macam bidang seperti pengambilan keputusan, berbicara di depan umum, dan sebagainya. Meski begitu, banyak orang merasa minder/tidak percaya diri dengan dirinya sendiri. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal tersebut, entah karena pernah dibully, karena merasa dirinya tidak sebaik/sehebat orang lain, dll. Tapi tahukah kalian kalau orang yang percaya diri akan lebih bahagia dan sejahtera? Jadi, bagi kalian yang masih minder dengan penampilan atau semacamnya, ini sedikit quote dariku "I am perfectly imperfect" yang artinya tuh saya dengan sempurna tidak sempurna. Dan ketahuilah, kalau setiap orang itu punya ciri khas/keunikan masing-masing, jadi jangan sampai kalian merasa takut karena berbeda sendiri. Ingat, berbeda itu indah..

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline