Lihat ke Halaman Asli

S Eleftheria

TERVERIFIKASI

Penikmat Literasi

Ketika Seseorang Memiliki Pandangan Lain, Perlukah Kita Mengubahnya?

Diperbarui: 26 Agustus 2023   03:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi seseorang yang memiliki pendapat berbeda (Sumber: kompas.com)

Kita semua kemungkinan besar pernah bertemu dengan seseorang yang memiliki pendapat yang berbeda dengan kita sehingga sulit untuk menghadapinya dalam hidup. 

Karena keyakinan dan perilakunya juga bertentangan dengan keinginan kita, terkadang kita ingin mengubah atau memperbaiki hal tersebut. 

Namun kenyataannya, kita tidak bisa melakukannya meskipun kita menganggap keinginan itu wajar. Jadi bagaimana seharusnya sikap kita menghadapi keadaan yang tidak dapat kita ubah tersebut agar situasinya tetap menjadi menarik?

Hal pertama yang perlu kita terima dari orang lain adalah bahwa setiap orang memiliki hak, pendapat, nilai, dan keyakinannya sendiri dan itu bukan berarti salah. Kitalah yang perlu menyadari bahwa seseorang juga mempunyai sudut pandang berbeda---dan itu tidak masalah.

Tentu saja hal ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena kemungkinan kita masih kesulitan untuk menerima dan memahami seseorang tersebut. 

Akhirnya kesulitan inilah yang membuat kita sangat mudah terjebak dalam menghakimi atau mengkritik orang lain karena dia tidak melihat sesuatu seperti yang kita lakukan.

Memang, jika ingin membangun hubungan yang positif, kita perlu belajar mengesampingkan penilaian tersebut dan menerima orang lain apa adanya. 

Namun, bagaimana jika keyakinan atau pendapat orang tersebut berbahaya atau menyinggung perasaan kita atau orang lain sehingga menjadi sesuatu yang sangat mengkhawatirkan?

Meskipun penting untuk menghormati hak setiap orang atas pendapatnya sendiri, semua orang seharusnya setuju bahwa penting juga untuk membuat batasan ketika opini atau keyakinan tersebut melewati ambang batas tertentu dalam situasi ini. 

Memang tidak apa-apa untuk berbincang dan mengungkapkan kekhawatiran kita, tetapi sebaiknya kita juga melakukannya dengan cara yang penuh hormat dan tidak menghakimi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline