Banyak ilmu yang bermanfaat dalam dunia kerja dan wawasan yang baru mengenai kualitas pekerjaan dan inovasinya, pengetahuan tentang bekerja serta tanggung jawab terhadap pekerjaan. Itulah pengalaman saya setelah belajar mata kuliah SDM (Sumber Daya Manusia) di STIAMAK Barunawati Surabaya selama 1 semester ini.
Pembelajaran melalui daring / via zoom yang diajarkan dan dibimbing oleh Dosen Pengampuh Dr. Nugroho Dwi Priyohadi, M.Sc dapat saya terima degan baik serta dapat saya pratikan didunia kerja dan organisasi kerja. Didalam organisasi kerja saya bekerja di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak dan saya ikut serta dalam organisasi Tim Kerja Membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dengan tujuan memberikan keseragaman pemahaman dan tindakan dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM.
Dalam mata kuliah SDM yang diajarkan ada kaitannya / hubungannya dalam dunia kerja saya. Dimana pelajaran tersebut dapat membantu menjadikan organisasi kerja saya khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik berjalan dengan baik. Pengertian dari Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan organisasi. Pada hakikatnya SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, oemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi.
Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan suatu hal yang sengat penting dan harus dimiliki dalam upaya mencapai tujuan organisasi. SDM merupakan elemen utama organisasi dibandingkan dengan elemen sumber daya yang lain seperti modal dan teknologi, karena manusia itu sendiri yang mengendalikan faktor yang lain.
Setelah mengetahui apa itu SDM, maka selanjutnya adalah peran atau fungsi dari SDM. Manusia menjadi kunci dari keberhasilan suatu pekerjaan pada sebuah organisasi memiliki fungsi yang sangat penting, antara lain :
1. Sebagai Tenaga Kerja pemberi jasa melalui kemampuan yang dimiliki;
2. Sebagai Pemimpin dalam memajukan organisasi;
3. Sebagai Tenaga Ahli untuk menunjang dan mengembangkan organisasi;
4. Fungsi Evaluasi untuk mengetahui perkembangan kinerja pegawai;
5. Membangun Relasi dan melakukann negosiasi untuk menjalin kerjasama.
Sekian pengalaman saya belajar Sumber Daya Manusia (SDM) di STIAMAK Barunawati Surabaya.