Lihat ke Halaman Asli

SHOVY MUTIARA

STIAMAK BARUNAWATI SURABAYA

Era Pandemi, Vaksin Covid-19 dan Pengaruhnya terhadap Individu-Organisasi

Diperbarui: 1 Maret 2021   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Zoom Meeting 24/02/21 (dok.pri)

Setiap orang dapat mencurahkan emosi, perasaan dan pemikirannya melalui sebuah tulisan. Begitu juga dengan kami, selain untuk pemenuhan Tugas Mata Kuliah Psikologi Manajemen di STIAMAK Barunawati Surabaya, tulisan ini juga kami dedikasikan untuk negeri sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat luas yang sedang dilanda permasalahan. 

Permasalahan yang memancing emosi, perasaan dan pemikiran banyak orang yakni COVID-19. Bagaimana cara mengatasinya? Seberapa pentingkah vaksin? Apa pegaruhnya terhadap individu dalam organisasi?

Seperti yang kita ketahui, organisasi adalah suatu hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat luas dan hampir setiap lapisan masyarakat memiliki organisasi untuk mencapai sebuah tujuan. Maka dari itu penting bagi kita mengetahui apa itu organisasi dan bagaimana peranan individu dalam organisasi.

PENGERTIAN ORGANISASI

Organisasi sebenarnya berasal dari bahasa Yunani yaitu "organon"yang merupakan wadah atau tempat berkumpulnya orang dengan sistematis, terpimpin, terkendali, terencana dan rasional dengan efisien dan efektif untuk bisa mencapai tujuan organisasi. Adapun beberapa pendapat menurut para ahli mengenai pengertian organisasi.

1. James D. Mooney menyatakan bahwa "organisasi adalah bentuk setiap perserikatan menusia untuk mencapai tujuan bersama."

2. Chester I. Bernard berpendapat bahwa "organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih."

3. Stephen P. Robbins mengemukakan bahwa "organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan."

Dari ketiga pendapat para ahli tersebut, dapat kami simpulkan bahwa Organisasi merupakan alat atau wadah masyarakat dalam melakukan kegiatan-kegiatannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline