Lihat ke Halaman Asli

Puisi: Pecandu Rindu

Diperbarui: 10 November 2023   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lengkung waktu masih terus berputar, menanjak pada ketinggian tebing malam di atas kepala yang masih enggan terlelap di pembaringan/Oleh: Sholihul Mubarok

Oleh: Sholihul Mubarok


Ia yang senantiasa melumuri hari dengan angan juga mimpi, melukis tentang bentuk abstraknya suatu perjumpaan, meski pada akhirnya warna tak sampai ke ujung keindahan.

Di hadapan kaca, ia mengembara, menjejaki lipatan terjal di beberapa sudut wajah yang memori serta melankoli.

Jemari renta itu tetiba terhenti pada cekungan pipi, sepertinya ia teringat akan sesuatu, mungkin ia menafsirkannya sebagai lahat, tempat segala kenangan dan rindu dikebumikan.

Lalu hatinya pun mulai panik, pekik suaranya seakan tercekik oleh ketidakberdayaan akan kerelaan.

Mengerang lirih, meringkih letih melafalkan nama seseorang yang dulu belum sempat ia temui.

Malam pun berlabuh, lalu subuh bersiap menabuh, namun ia tak jua beranjak dari pengamatannya terhadap cermin, mungkin hanya dengan wajah di balik kaca yang sanggup menampung beban kisahnya ketimbang harus bercengkrama dengan sahabatnya.

Kemudian, subuh pun mengendapkan kesunyian lewat lengkingan azan yang begitu menggema seolah mengajak tubuh ringkih itu untuk bersijingkat dari keputusasaan.

Bangun, bangunlah, Tuan, sebelum engkau ditertawai kokokan ayam, berdiri dan ayunkan langkahmu, Tuan, sebelum cericit burung mencemooh kerapuhanmu dan bergegaslah maju, sebelum kekuncup mawar itu bermekaran oleh hadirnya fajar, lari dan kejarlah Dia sebelum ragamu remuk pada suatu ketika.

Gelegar suara-suara itu seperti ribuan cambuk nan siap memecut jiwa pengecutnya untuk segera merangkai kembali sketsa pertemuan di atas sajadah doa kepadaNya tempat bermuaranya semesta.


Gresik, 04 Februari 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline