Lihat ke Halaman Asli

Sholahuddin

STEI SEBI

Ketahuilah 3 Keutamaan Shalat Tahajjud ini

Diperbarui: 6 September 2022   01:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

shalat tahajjud adalah shalat yang dilaksanakan pada malam hari setelah kita bangun dari tidur. mengingat shalat tahajjud ini didirikan pada tengah malam maka tak mudah untuk dilaksanakan. butuh niat yang lurus dan tekad yang kuat untuk melaksanakannya. dibalik kesulitan tersebut terdabat beribu keindahan yang akan menghiasi hidup kita, berikut saya paparkan 3 keutamaan shalat tahajjud yang paling menarik: 

1. Mengangkat Derajat

Siapa sangka dengan mendirikan shalat tahajjud derajat kita dihadapan Allah akan meningkat, hal ini didukung dengan salah satu ayat yang tertulis pada surah berikut:

"Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

terbukti sudah selain menuntut ilmu dengan niat semata karena Allah dapat meningkatkan derajat, shalat tahajjud pun berperan dalam peningkatan derajat kita disisi Allah SWT.

2. Menjaga Kesehatan Rohani

Dalam islam kesehatan amat penting untuk terus dijaga terlebih lagi kesehatan rohani, shalat tahajjud menjadi salah satu solusinya, karena shalat tahajjud diyakinkan dapat memelihara kesehatan rohani, jika rohani kita sehat hati kita akan selalu merasakan kedamaian dan ketenangan. Hal inipun dibuktikan dengan adanya ayat berikut:

"Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (QS. Al- Furqan:63-64).

3. Doa mudah untuk dikabulkan

maksiat sangat sulit untuk terlepas dari kehidupan sehari-hari, dengan maksiat seringkali doa-doa kita tertunda bukannya Allah tidak mendengar. Hal ini dapat kita tangani dengan rajin melaksanakan shalat tahajjud, memang tidak bisa dibilang mudah untuk melaksanakannya akan tetapi dibalik itu terdapat beribu balasan dan keutamaan. dengan rajin melaksanakan shalat tahajjud Allah akan lebih perhatian kepada kita dan mempermudah segala doa yang kita panjatkan kepadanya. disebutkan juga dalam Hadist berikut:

"Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline