Lihat ke Halaman Asli

shofwatuzzahro

22107030105_UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kamu Mau Pelihara Kucing? Ketahui Dulu Bagaimana Cara Merawatnya

Diperbarui: 9 Juni 2023   13:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pict from pinterest

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan. Tingkahnya yang menggemaskan membuat hewan ini digemari banyak orang. Kucing juga dianggap mampu menjadi teman bagi pemiliknya. Namun, tidak semua orang tahu cara merawat kucing dengan benar. Tidak hanya makanan dan tempat tinggal, kucing juga memerlukan beberapa perawatan seperti

1. Lakukan Vaksinasi

Berikan vaksin secara teratur terutama untuk kucing yang masih bayi, biasanya vaksin diberikan saat bayi kucing memasuki usia 6-8 minggu. Pemberian vaksinnya pun dalam setahun bisa 3x vaksin. Sementara untuk kucing dewasa biasanya hanya memerlukan satu kali vaksin dalam setahun.

2. Beri Makanan Yang Bernutrisi

Berikan makanan sesuai kebutuhan nutrisi dan usia kucing. Kucing membutuhkan protein tinggi, taurin, dan asam amino esensial untuk menjaga kesehatan jantung serta mata. Karena kucing menyukai daging, kamu bisa memberinya daging, ikan, atau ayam. Makanan yang diberikan pun harus sudah matang dan diganti setiap hari. Kamu juga bisa memberikan makanan kucing basah atau kering yang bisa dibeli di petshop. Perlu diingat untuk tidak memberinya coklat, kismis, kacang macadamia, bawang merah dan bawang putih karena akan menimbulkan racun bagi kucing.

3. Selalu Sediakan Air Minum

Kucing membutuhkan asupan air yang banyak, oleh karena itu pastikan selalu menyediakan air yang bersih dan segar untuk kucing. Air yang digunakan pun usahakan air yang sudah matang. Jangan lupa untuk rutin mengganti atau mengisi ulang air dan mencuci wadahnya agar terhindar dari kontaminasi kuman. 

4. Memberikan Tempat Tidur Kucing Yang Bersih dan Nyaman

Kucing perlu mempunyai tempat tidur khusus. Berikan selimut yang lembut dan hangat sebagai alas tidur kucing. Kamu juga perlu rutin membersihkan tempat tidurnya agar tidak ada kuman dan bakteri yang bersarang, karena kuman dan bakteri akan membuat kucing lebih rentan sakit.

5. Menyediakan Litter Box

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline