Lihat ke Halaman Asli

Shofwan Rachman

Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Masyarakat, Mahasiswa UNNES Giat 9 Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Buket dan Sosialisasi Digital Marketing

Diperbarui: 12 Agustus 2024   18:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Desa Kawengen, Kabupaten Semarang -- (20/7/2024) Mahasiswa UNNES Giat 9 Desa Kawengen melaksanakan acara pelatihan pembuatan bouquet jajan  dan sosialisasi digital marketing yang dapat melatih keterampilan ibu-ibu serta meningkatkan kreatifitas mereka. Pada kegiatan ini didampingi oleh dosen USM Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Dr. Edy Suryawardana, S.E, M.M. yang ahli dalam bidangnya. Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa Kawengen, Ibu -- Ibu PKK Desa Kawengen dan UMKM Desa Kawengen.      

                               

Menurut Dr. Edy Suryawardana, S.E, M.M., usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Proses untuk memasarkan produk atau jasa melalui kanal digital. Kanal digital contohnya instagram, facebook, twitter, situs web, whatsapp. Beliau juga menjelaskan tentang apa itu media digital "Media digital adalah media yang kontennya berbentuk gabungan data, teks, suara, dan berbagai jenis gambar yang disimpan dalam format digital dan disebarluaskan melalui jaringan berbasis kabel optic broadband, satelit dan sistem gelombang mikro". Media digital adalah format konten yang dapat diakses oleh perangkat-perangkat digital. Media digital ini bisa berupa website, media sosial, gambar dan video digital, audio digital dan lain-lain.

Mengenai pelatihan bouquet yang diambil untuk program kerja yang dilaksanakan di desa Kawengen, kami mengambil program kerja tersebut sebagai tema Wanita Agen Pancasila karna maraknya bouquet jajanan yang di perjual belikan untuk hadiah wisudah, ulang tahun atau bahkan untuk hadiah hadiah pada umumnya. Berdasarkan hasil survey terhadap anggota PKK dan UMKM di desa Kawengen tingkat minat dalam pelatihan bouquet ini cukup tinggi maka dari itu kami memutuskan untuk membuat pelatihan bouquet ini dan ditambahkan dengan sosialisasi digital marketing.

Dok. Pribadi

Di Desa Kawengen, banyak masyarakat yang masih belum paham bagaimana cara untuk memasarkan produk ke ranah digital. Maka dari itu diperlukan sosialisi digital marketing agar anggota PKK dan UMKM Desa Kawengen mengerti bagaimana cara untuk memasarkan produk mereka dan paham cara untuk menarik konsumen agar tertarik untuk berberlanja produk mereka, maka dari itu DR, Edy Suryawardana, S.E, M.M. menyatakan bahwa digital marketing bisa dimulai dari sesuatu yang simple contohnya adalah berjualan melalui story whatsapp.

Diharapkan masyarakat yang hadir dalam acara kegiatan Pelatihan Pembuatan Bouquet Jajan  dan Sosialisasi Digital Marketing dapat ilmu tentang digital marketing dan tau bagaimana cara untuk membuat bouquet jajan. Kesimpulan yang dibacakan Dynda Aisyah Dyah Pitaloka adalah kedepannya lebih melek lagi dengan digital marketing agar UMKM yang ada di Desa Kawengen bisa lebih berkembang.

Dok. Pribadi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline