Lihat ke Halaman Asli

maulina shfwatul ulya

S.Pd.AUD Soon🎓

Kenali "Collaborative Learning", Kiat Menjadi Pelukis Masa Depan Bangsa

Diperbarui: 7 Desember 2020   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ganeshacollege.com

Jangan hanya menjadi guru dengan metode yang begitu - begitu saja , sebab dengan mengajar dan menjadi pendidik secara kolaboratif , akan menghilangkan suasana monoton serta menumbuhkan antusiasime belajar pada peserta didik -ShofwaUlya"

Semangat mengabdi , serta rasa cinta yang kuat didalam dada . Itulah modal menjadi seorang guru , terlebih guru dijenjang pendidikan anak usia dini  . Menuruti panggilan hati , hanya ingin memberi dan menyayangi , itulah motivasi yang mendorong seseorang untuk berkemauan menjadi seorang guru Pendidikan Anak Usia Dini , dan menjadikan anak anak kecil sebagaian dari kehidupan mereka.

Menjadi seseorang yang telah memberanikan diri untuk terjun didunia pendidikan anak , membuat mereka harus mampu membimbing anak didiknya dengan penuh kesabaran serta ketelatenan. , dengan tujuan agar mereka bisa bertutur kata sopan , menghormati guru serta menyanyangi sesama teman. Selain itu pendidik juga mengajarkan agar anak didiknya mampu mengenal diri sendiri juga lingkungan di sekitarnya . 

Namun apabila sebuah proses pembelajaran yang diterapkan pada anak usia dijenjang PAUD berlangsung secara monoton , akan menimbulkan banyak anak anak yang yang cepat merasa lelah dan bosan , serta juga akan mengurangi rasa antusiasisme mereka dalam belajar , sehingga tak jarang bila anak bosan dengan belajarnya , maka mereka enggan menyimak apa yang disampaikan oleh gurunya . Oleh karena itu menjadi kreatif , inovatif serta menerapkan pembelajaran yang kolaboratif sangat diinginkan oleh semua pendidik PAUD . 

Dewasa ini collaborative learning didefinisikan sebagai suatu pembelajaran di mana para peserta dengan variasi yang bertingkat bekerjasama  dalam sebuah kelompok belajar yang memiliki satu tujuan baik . Jadi tujuan dari pembelajaran dengan metode collaborative learning bertujuan agar peserta didik terbiasa dalam kerjasama , berinteraksi , beradaptasi , serta memudahkan dalam bertukar informasi . 

Dalam sebuah pembelajaran metode ini peran seorang guru atau pendidik sangat dominan juga sangat penting . Peran utama mereka adala memediasi pembelajaran dengan melalui dialog kolaborasi . Dalam setiap peran , seorang guru ditekankan pada dua sikap yaitu , gerak pengajaran dalam pembelajaran yang kolaboratif dan mempunyai tujuan - tujuan yang spesifik yang tetap dalam konteks kolaboratif .

Metode pembelajaran collaborative learning ini sangat efektif sekali jika dilakukan , beberapa manfaat dalam penerapan metode ini yang pertama adalah dapat memaksimalkan proses kerja sama yang berlangsung secara alamiah antar para peserta didik , menciptakan lingkungan pembelajaran yang berpusat pada siswa , kontekstual , terintegrasi , serta bersuasana kerjasama tentunya.

Kemudian juga mampu memberi kesempatan pada peserta didik untuk menjadi partisipan aktif dalam proses pembelajaran , mengembangkan peserta didik dalam berfikir kritis dan memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah , melatih anak dalam belajar mengeksplor pikiran dan sudut pandangnya , serta membangun semangat untuk terus belajar kepada mereka . 

Lalu bagaimana baiknya guru , selaku tenaga pendidik ? 

Adapun beberapa peran guru dalam metode pembelajaran ini adalah sebagai berikut : 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline