Lihat ke Halaman Asli

Cegah Mati Lampu, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pemeliharaan Penerangan Jalan di Desa Jaten

Diperbarui: 11 Februari 2023   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jaten, (05/02) — Listrik merupakan salah satu energi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan energi listrik kita dapat menggerakkan alat-alat elektronik. Bagi kehidupan manusia, energi listrik dapat menghasilkan sumber energi yang berguna bagi kelangsungan hidup. Seperti halnya untuk lampu jalan, listrik dibutuhkan sebagai energi yang utama. Namun seiring berjalannya waktu, setelah dilakukan pemasangan lampu jalan masyarakat terkadang kurang peduli dengan instalasi listrik pada lampu jalan. Alhasil saat ada lampu yang mati dibiarkan begitu saja dan tidak terawat.

Dalam memajukan Desa Jaten, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Mahasiswa KKN UNDIP yang bernama Shofiyyatus Salsabila sebagai mahasiswa Teknologi Rekayasa Otomasi, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, melakukan inovasi mengenai pemeliharaan penerangan jalan di Desa Jaten. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023 dan selanjutnya program kerja ini akan rutin dilaksanakan setiap hari Minggu sesuai dengan laporan masyarakat tentang kondisi lampu jalan.

Kegiatan pemeliharaan tersebut berupa perbaikan jaringan listrik, penggantian lampu mati, atau pengecekan kondisi lampu penerangan jalan. Dalam pelaksanaan kegiatan ini bekerja sama dengan karang taruna Dukuh Rejosari untuk melakukan pemeliharaan instalasi listrik pada lampu jalan. Selain itu juga, dilakukan pemberian leaflet kepada masyarakat sekitar tentang bagaimana melakukan pemeliharaan instalasi listrik dan juga mengajak masyarakat untuk melaporkan ke karang taruna ataupun pengelola lampu jalan setempat jika melihat lampu jalan tidak menyala.

Lampu jalan sendiri merupakan lampu untuk penerangan pada malam hari agar pejalan kaki, pengendara sepeda dan pengendara kendaraan lainnya dapat melihat jalan dengan baik saat melintasi jalan, terutama pada malam hari. 

Dengan penerangan yang baik, dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan dan keselamatan pejalan kaki terhadap kecelakaan ataupun tindakan kriminal. Pemeliharaan lampu jalan dilakukan karena kondisi jalan yang gelap dapat menurunkan konsentrasi pengendara dan mengurangi rasa aman dari pengguna jalan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat pengguna jalan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat kondisi jalan yang gelap.

Penulis: Shofiyyatus Salsabila - Teknologi Rekayasa Otomasi – Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Lokasi: Dukuh Rejosari, Desa Jaten, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline