Lihat ke Halaman Asli

Ubahlah Kepribadian Burukmu Sebelum Terlambat

Diperbarui: 8 Mei 2024   19:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hai! Kenalin nama Aku Shofi, sekarang umurku 19 tahun dan kesibukanku sekarang mengajar dan berkuliah. Aku tinggal di Bekasi bersama dengan kedua orang tuaku dan Aku adalah anak pertama dari dua bersaudara.

Tentunya di dunia ini banyak sekali orang yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang baik, pemalu, sabar, penyayang dan masih banyak lagi. Kalo Aku punya sifat yang peduli terhadap sekitar, terutama kepada orang-orang yang Aku sayangi. Aku juga tipe orang yang suka dengan hal-hal baru yang belum pernah kucoba dan Aku memiliki rasa inisiatif yang tinggi. 

Tapi, ada beberapa sifatku yang kurang baik. Emosian, baperan, kata-kata yang kuucap terlalu jujur sehingga membuat orang lain sakit hati. Sifat buruk seperti itu tentunya tidak mudah untuk diubah dengan jangka waktu yang sebentar, ditambah Aku selalu merasa ingin disukai oleh banyak orang, Aku ingin membuat semua orang menyukaiku. Tapi pasti itu hal yang mustahil, karena sesempurna apapun kepribadian kita pasti ada saja yang tidak suka.

Sekeras apapun Aku mencoba membuat semua orang menyukaiku tetap saja gagal, karena hal itu mustahil dilakukan. Kepribadiaku yang ketika berbicara terlalu jujur atau tidak di filter terlebih dahulu, membuat banyak perasaan teman-temanku tersakiti ditambah dengan sifatku yang emosian memperburuk suasana. Rasanya begitu sulit, Aku ingin semua orang menyukaiku tetapi kepribadianku saja masih belum baik. 

Tentu saja Aku sangat menyesal karena telah menyakiti banyak orang dengan kata-kataku yang menusuk, padahal Aku sendiri tidak suka diperlakukan seperti itu, pastilah sakit dan sesak rasanya.  Maka dari itu aku sangat menyesalinya dan berusaha serta bertekad untuk mengurangi sifatku yang tidak baik itu. 

Rasanya sangat sulit, karena kepribadian yang sudah terbentuk seperti itu sejak lama, harus diubah sedikit demi sedikit. Untunglah aku memiliki sahabat dekat yang selalu mengingatkan dan menasihatiku untuk megendalikan diri dan kata-kata yang aku ucapkan, walaupun rasanya ingin kuluapkan semua emosiku. Tetapi sebelum menyesal kemudian, lebih baik kutahan.

Setiap manusia pastilah memiliki kekurangan dan banyak melakukan kesalahan. Maka dari itu kita perlu berusaha menjadi lebih baik dan merubah kepribadian kita yang tidak baik sebelum menyesal di kemudian hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline