Press Release Program MBKM Riset Fakultas Psikologi UNS: "Pelatihan SMART Goals untuk Meningkatkan Optimisme Siswa SMKN 8 Surakarta"
Surakarta, 14 November 2024 - Pada tanggal 30 September hingga 8 Oktober 2024 lalu, tim MBKM Riset Psikologi UNS menyelenggarakan pelatihan SMART Goals sebagai kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang merupakan bagian dari rangkaian program MBKM Riset Psikologi UNS. Tim terdiri atas 4 mahasiswi Fakultas Psikologi UNS angkatan 2021, yaitu Dona Alloydya Shafira, Safira Nur A'yuni Damayanti, Sekar Ayu Jenar Mahesa, dan Shofia Nur Izzati. Kegiatan dilaksanakan sebagai upaya dalam meningkatkan optimisme para siswa kelas XII SMKN 8 Surakarta dalam menghadapi jenjang karier di masa depan.
Menilik pada permasalahan yang ditemukan dari hasil wawancara bersama guru BK dan para siswa kelas XII, fenomena 'salah jurusan' menjadi permasalahan yang kerap ditemui. Fenomena ini m engakibatkan ketidaksungguhan siswa dalam menjalani pendidikan hingga timbulnya keraguan siswa terhadap jenjang karier masa depan yang merupakan representasi dari tingkat optimisme rendah. Oleh karena itu, tim mengangkat metode penetapan tujuan (goal setting), berupa SMART Goals, sebagai upaya dalam menunjang peningkatan optimisme terhadap masa depan siswa melalui perencanaan karier yang tepat. Seluruh rancangan kegiatan pelatihan disusun dalam bentuk modul pelatihan ber-HAKI Hak Cipta sebagai panduan keberjalanan program pelatihan. Harapannya, modul pelatihan ini juga dapat menjadi bekal panduan bagi masyarakat yang ingin menyelenggarakan pelatihan serupa.
Kegiatan pelatihan SMART Goals diikuti oleh 33 siswa kelas XII Seni Tari 3 dan berlangsung ke dalam 3 sesi pertemuan. Sesi pertama diselenggarakan pada tanggal 30 September 2024. Sesi ini dibuka dengan pengisian lembar pre-test skala optimisme LOT-R (Life Orientation Test-Revised) Scheier, dkk. (1994) dan lembar pemetaan peminatan. Selanjutnya, siswa diberikan pembekalan materi edukasi mengenai optimisme dan metode SMART Goals sebagai dasar pengetahuan untuk mengaplikasikan metode tersebut pada sesi praktik. Sesi praktik SMART Goals dilaksanakan dengan pengisian lembar worksheet SMART Goals mengenai tujuan karier jangka pendek siswa dalam 1 tahun ke depan. Siswa juga difasilitasi lembar worksheet SMART Goals jangka panjang dalam 5 tahun ke depan yang diharapkan mampu menjadi wadah siswa untuk menetapkan tujuan karier siswa dengan rentang yang lebih luas.
Sesi kedua diselenggarakan pada tanggal 3 Oktober 2024. Kegiatan dalam sesi ini adalah presentasi hasil worksheet SMART Goals yang sudah diisi siswa pada sesi sebelumnya. Kegiatan presentasi ditujukan untuk menjadi wadah bagi siswa memaparkan implementasi metode SMART Goals dalam tujuan kariernya. Siswa yang mempresentasikan juga mendapatkan masukan dan umpan balik dari tim fasilitator serta siswa lain terhadap perencaan tujuan yang telah disusunnya.
Sesi terakhir, atau sesi ketiga dalam rangkaian pelatihan SMART Goals diselenggarakan pada tanggal 8 Oktober 2024. Dalam sesi ini, siswa dikelompokkan ke dalam 4 kelompok Focus Group Discussion (FGD) yang dimoderatori oleh 1 orang fasilitator tim MBKM Riset tiap kelompoknya dengan pembagian kelompok disesuaikan pada minat dan rencana karier siswa setelah lulus SMK. Kegiatan FGD ini memberikan kesempatan bagi siswa dengan rencana karier yang sama untuk saling bertukar pikiran terkait potensi dan sumber daya yang dibutuhkan siswa dalam mencapai tujuan karier tersebut. Kegiatan penutup dalam sesi ketiga sekaligus menjadi penutup dalam rangkaian kegiatan pelatihan SMART Goals ini adalah sesi pengisian lembar post-test dan evaluasi kegiatan oleh para siswa.
Hasil evaluasi dari para siswa, selaku peserta pelatihan, menunjukkan respon yang positif terhadap keberjalanan kegiatan pelatihan SMART Goals ini. Salah seorang siswa, Eliza, memberikan umpan balik bahwa penyampaian fasilitator seru dan mudah dipahami. Selain itu, kegiatan pelatihan juga memberikan perubahan bagi dirinya terkait keyakinan terhadap masa depan yang positif. "Sangat mengubah yang awalnya saya tidak memikirkan plan tahun depan menjadi memikirkan tahun depan harus apa", tulisnya dalam lembar evaluasi.
Beberapa siswa lain juga menuliskan hal positif yang serupa terkait manfaat pelatihan ini dalam meningkatkan keyakinan terhadap masa depan. Sebagaimana yang dituliskan oleh Anastacia, "Jadi lebih optimis dalam masa depan, jadi bisa menata apa yang akan dilakukan setelah lulus (terencana)." Anastacia terbantu dalam penataan rencana masa depan yang lebih tertata dengan menggunakan metode SMART Goals sehingga tergambar apa langkah yang akan diambilnya setelah menyelesaikan masa pendidikan SMK.