Lihat ke Halaman Asli

Shofia Azzahra

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Mengasah Kemampuan dan Memperluas Wawasan Mahasiswi Administrasi Bisnis (UNTAG) Surabaya dengan Magang di PT PLN Nusantara Power Services

Diperbarui: 7 Juni 2024   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kunjungan Kaprodi ADBIS ke PLN-NPS. Sumber : Dokumen Pribadi

Surabaya, 07 Mei 2024 - Seorang mahasiswi Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, Shofia Azzahra, telah mendapatkan kesempatan berharga yaitu magang di PT PLN Nusantara Power Services (PLN-NPS) Divisi Pelaksana Pengadaan Supply Chain Management (SCM) sebagai Admin Tagihan selama 5 Bulan dimulai pada tanggal 15 Januari 2024-14 Juni 2024.

Magang merupakan program pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan dunia kerja di perusahaan atau instansi selama kurun waktu tertentu. Di Prodi Administrasi Bisnis Untag Surabaya, magang menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh seluruh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan.

PT PLN Nusantara Power Services didirikan untuk memenuhi kebutuhan lini bisnis dalam memberikan jasa operasi dan pemeliharaan unit pembangkit listrik seperti PLTU, PLTA, PLTGU, PLTG, PLTMG, PLTD dan PLTS. PT PLN Nusantara Power Services berlokasi di Jl. Raya Bandara Juanda No.17, Semambung, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254.

Divisi Supply Chain Management (SCM) bertugas melakukan pengadaan barang dan/atau jasa yang diperlukan oleh unit-unit pembangkit listrik di seluruh Indonesia. Setelah pengadaan barang dan/atau jasa selesai dikerjakan, penyedia barang/jasa (vendor) akan menagihkan tagihan atas pengadaan mereka ke Admin Tagihan.

Adapun tugas utama yang diperoleh dari kegiatan magang sebegai Admin Tagihan di PT PLN Nusantara Power Services (PLN-NPS) antara lain:

  • Melakukan pengecekan terhadap tagihan. Memastikan tagihan sudah lengkap dan sesuai dengan format pembayaran keuangan.
  • Menginput data tagihan. Tagihan yang sudah di input akan terlacak status pembayarannya.
  • Membantu merevisi tagihan yang kurang lengkap persyaratannya untuk mempercepat pembayaran.
  • Melakukan pengarsipan dokumen. Dokumen pengadaan berupa soft file dan hard file. Dokumen hard file akan disimpan di ordner Bantex dan diberi label agar mudah untuk dicari apabila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Dengan adanya magang ini, saya menjadi lebih mengenal dunia kerja secara mendalam, lebih teliti, lebih disiplin, dan lebih dapat memanajemen waktu.

Shofia Az-zahra (1122100033)
Dosen pembimbing: Dra. Ni Made Ida Pratiwi, M.M

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline