Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang menawarkan berbagai fitur canggih. Melalui Facebook, seseorang dapat terhubung dengan orang lain sehingga dapat saling berkomunikasi. Di dunia bisnis, media sosial seperti Facebook adalah alat penghubung yang praktis antara pemilik usaha dengan pelanggan tanpa harus memikirkan waktu dan lokasi. Selain itu, Facebook menjadi tempat strategis untuk memasarkan produknya dan Facebook menjadi salah satu alat penting bagi usaha lokal untuk mengembangkan usahanya. Dengan hanya memposting, pemilik usaha hanya perlu memantaunya. Sementara pelanggan hanya dengan melihat postingan, tanpa menyentuh, merasakan dan melihat langsung bagaimana kualitas produk yang dijual secara fisik, pelanggan dapat memesan produk dan dapat diterima langsung dirumah pelanggan.
Kenapa Facebook Efektif untuk Usaha Lokal?
- Target Pasar yang Tepat
Facebook memungkinkan pemilik usaha menargetkan iklan berdasarkan lokasi yang spesifik sehingga iklan mencapai pelanggan yang relevan karena hanya memfokuskan iklan mereka di sekitar area tertentu. Misalnya, kedai minuman atau warung sembako hanya mengiklankan di Desa A.
- Biaya Iklan Terjangkau
Pelaku usaha bisa mulai beriklan dengan menggunakan anggaran kecil dan tetap mendapatkan hasil yang maksimal, asalkan strategi yang digunakan tepat.
- Interaksi Langsung dengan Pelanggan
Dengan fitur Facebook seperti komentar atau pesan pribadi, pemilik usaha dapat berinteraksi dengan pelanggan sehingga dapat membantu juga membangun hubungan yang lebih personal untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.
Fitur Facebook untuk Usaha Lokal
1. Grup Facobook: Bergabung atau membuat grup jual-beli adalah cara yang efektif untuk membangun hubungan dengan calon pelanggan.
2. Faceboook Marketplace: Pemilik bisnis dapat memposting produk yang ingin mereka jual dengan kategori, harga, lokasi, dan ketersediaan. Produk yang ditawarkan akan muncul di pasar, sementara calon konsumen yang membutuhkan produk tersebut akan mencari produk tersebut di pasar tersebut.
3. Facebook Ads: Pemilik bisnis dapat menggunakan Facebook Ads untuk mengiklankan produk mereka dengan menargetkan pelanggan tertentu berdasarkan minat, perilaku, demografi, dan lokasi mereka. Penargetan pelanggan ini untuk menjamin bahwa iklan sampai ke calon pelanggan yang relevan. Ditambah lagi, iklan akan muncul di beranda pengguna.
Strategi Pemasaran untuk Usaha Lokal
1. Jika Anda menggunakan pemasaran melalui grup atau komunitas di Facebook, strategi terbaik untuk memasarkan produk Anda selain dari kualitas produknya sendiri adalah Anda dapat menggunakan foto atau video berkualitas tinggi (gambar nyata/realpict) dan respon pelanggan dengan cepat dapat menjadi penentu kepuasan pelanggan Anda.
2. Jika Anda menggunakan Facebook marketplace , gunakan foto produk yang dapat dilihat dari berbagai sudut (depan dan belakang), dan berikan deskripsi produk yang jelas dan jujur sehingga pelanggan dapat melihat produk dengan lebih baik.
3. Untuk menggunakan Facebook Ads, Anda harus menentukan tujuan Anda. Apakah untuk meningkatkan penjualan atau meningkatkan kesadaran merek. Untuk menarik perhatian pelanggan, gunakan iklan yang melibatkan foto atau video yang terkait dengan produk Anda atau ulasan pelanggan. Selain itu, Anda dapat mengadakan promosi atau diskon selama periode waktu tertentu. Selain itu, sebagai pembuat iklan, Anda dapat menggunakan tombol Call to Action (CTA) yang relevan dengan produk Anda. Contoh tombol CTA seperti ("Beli Sekarang", "Pelajari lebih lanjut", "Daftar", "Hubungi Kami", "Kunjungi Website kami", dan "Download").