Lihat ke Halaman Asli

Tips Latihan dalam Permainan Volly supaya Loncatan Tinggi Ala Pak Damen

Diperbarui: 20 April 2022   14:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Bola Volly ialah cabang olahraga yang dimainkan secara berkelompok oleh dua regu, dimana setiap regunya akan terdiri dari 6 orang anggota. Adapun cara memainka permainan bola voli tersebut ialah dengan memukul bola voli menggunakan tangan dengan beberapa teknik agar bola dapat melambung melewati net kemudian jatuh di lapangan lawan guna mencetak poin.

Loncat tinggi adalah aktivitas yang dilakukan pemain Bola Volly dengan meloncat ke atas, bertujuan untuk mencapai ketinggian tertentu, dengan menggunakan satu kaki sebagai pijakannya.

Dunia olahraga volly ball ini tidak akan mati maupun punah sampai kapanpun itu, karena masih banyak penggemar nya dan cabang olahraga yang sudah terkenal di pnjuru Dunia, begitu juga dengan bapak Damen ini sang pelatih volly sekaligus dalam fisik nya. Pak Damen ialah seorang yang bisa dianggap cukup mahir dalam dunia volly, beliau sudah melatih volly sejak 2005 hingga sekarang 2022, sekitar 17 tahun ia melatih."ujarnya pada Jumat (15/04)

Beliau melatih volly karena hobinya dan bidang olahraganya ada pada volly, beliau sudah bermain volly sejak SD sekitar tahun 1978 kurang lebih," tuturnya.

Dok. pribadi

"Menurut Bapak Damen loncatan tinggi dalam volly diibaratkan sebagai jam (vertikal jam) atau lompat tinggi, loncat tinggi sangat diperlukan saat kita bermain Bola volly."

Sangat banyak orang yang dilatih oleh bapak Damen ini, contohnya seperti sekarang, mereka yang sedang dilatih oleh saya ini "ujar Pak Damen". Dan berlatih di Pak damen ini tidak ada aturan atau syarat untuk ikut bergabung, apalagi memakai bayaran karna ini sudah menjadi hobi Bapak Damen.

Modal pertama dalam loncatan tinggi yaitu dimulai dari langkah kaki, contohnya seperti lari, latihan memakai alat yaitu barbel, berlari kijang, dan juga bisa memakai alat modern seperti karet.

Step by step yang Pak Damen terapkan pada siswanya ketika latihan yaitu penganturan langkah kaki, penolakan dikaki bertumpu pada pergelangan kaki dan lutut, dan ayunan harus benar agar mendapatkan loncatan tinggi.

Menurut Pak Damen tidak ada permasalahan waktu yang ditentukan untuk memaksimalkan dalam mendapatkan loncatan tinggi volly, itu hanya tergantung respon anaknya yang bermain volly.

Bila sang siswa ingin melakukan loncatan tinggi, dalam spike-spike nya bagus bisa tajam dan block-block nya juga bisa membendung serangan lawan dengan baik, "tambahnya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline