Pendidikan moral itu penting karena mengajarkan kita tentang tata cara kita bersikap dan perilaku bakk terhadap orang tua atau bisa juga yang terjadi di dalam lingkungan dan masyarakat. Pendidikan moral juga merupakan pondasi dalam bersosialisasi dan untuk kehidupan dalam lingkup keluarga, dan dalam segala aspek kita pasti membutuhkan moral yang baik.
Teori evolusioner mengemukakan bahwa moralitas berfungsi untuk mengatur interaksi sosial secara kooperati fagar anak tidak egois dan untuk memperkenalkan kebaikan bersama masyarakat. Penekanannya adalah bahwa munculnya kerjasama membutuhkan mekanisme khusus yang menyeimbangkan kepentingan diri organisme dengan perhatian dan rasa hormat terhadap orang lain.
Darwin (1871/2004) percaya bahwa moralitas berasal dari insting sosial dan berkembang menuju rasionalitas.
Meskipun tujuannya adalah untuk memperkenalkan dasar biologis (bukan filosofis) untuk moralitas, Darwin mendefinisikan moralitas sebagai Aturan Emas, yang menyerupai imperatif . "Untuk berbuat baik kepada orang lain untuk melakukan kepada orang lain seperti yang kamu ingin mereka lakukan. untukmu adalah landasan batu moralitas"
Menurut Piaget, perkembangan moral di bagi menjadi dua tahapan. Tahapan pertama disebut Piaget "tahap realisme moral" atau "moralitas oleh pembatasan". Tahap kedua disebutnya "tahap moralitas otonomi" atau "moralitas oleh kerja sama atau hubungan timbal balik".
Pada tahapan pertama, anak selalu dihadapkan terhadap orang tua atau orang dewasa di sekitarnya yang memberitahu kepada mereka mana hal yang salah dan mana hal yang benar. Pada usia ini, anak akan memikirkan bahwa melanggar aturan akan selalu dikenakan hukuman dan orang yang jahat pada akhirnya akan dihukum.
Piaget menekankan bahwa pada usiakanak-kanak awal menilai sebuah perilaku yang jahat adalah hal yang menghasilkan konsekuensi negatif maupun positif.
Sedangkan tahap moralitas kedua menurut Piaget terjadi pada usia diatas 6 tahun atau pada masa pertengahan dan akhir anak-anak. Pada usia 10 hingga 12 tahun, anak-anak mulai melanggar dan menaatiaturan dari suara hati. Moralitas otonom disebut pula sebagai moralitas kerja sama.
Moralitas tersebut muncul ketika dunia sosial anak itu meluas hingga meliputi makin banyak teman sebaya. Dengan terus-menerus berinteraksi dan bekerja sama dengan anak lain, gagasan anak tersebut tentang aturan dan karena itu juga moralitas akhirnya berubah.
Sedangkan menurut Lawrence Kohlberg , tahapan perkembangan teori moral adalah tinggi dan rendahnya teori moral secara individu berdasarkan perkembangan penalaran teori moralnya. Teori perkembangan moral kohlberg yang dikemukakan oleh Psikolog Kohlberg menunjukan bahwa perbuatan moral bukan hasil sosialisasi atau pembelajaran yang diperoleh dari kebiasaan dan hal hal lain yang berhubungan dengan norma kebudayaan.
PENGEMBANGAN MORAL DALAM KONTEKSDARI KELUARGA