Lihat ke Halaman Asli

Shintia Puji Utami

Mahasiswa Statistika Universitas Airlangga

Pentingnya Menanamkan Tiga Kata Ajaib pada Masa Kanak-kanak

Diperbarui: 20 Januari 2023   17:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Usia emas seorang anak adalah dari mulai dia dilahirkan ke dunia hingga usia tujuh tahun. Dalam usia ini anak sangat mudah mencerna apapun yang dia dapatkan, baik dari apa yang dilihat maupun didengarkan. Oleh karena itu, sudah sepantasnya dalam usia emas ini seorang anak bisa mendapatkan hal-hal yang baik.

Sebagai orang tua, khususnya ibu yang menjadi tempat madrasah pertama putra putrinya belajar harus memberikan contoh terbaik untuk kehidupan nantinya. Bukan berarti seorang ayah tak berperan apapun.

Orang tua harus mencontohkan kata ajaib dalam kehidupan sehari-hari yaitu kata maaf, tolong, dan terima kasih. Ingatan memori si kecil akan sangat berdampak di kehidupan nanti jika sadari kecil sudah dikenalkan dengan kata-kata ajaib tersebut.

Dari kata ajaib yang pertama yaitu maaf, diharapkan bahwasanya jika seseorang melakukan kesalahan maka ia harus meminta maaf terhadap orang yang bersangkutan. Belajar menurunkan ego sejak dini untuk berani mengakui kesalahan dan meminta maaf terlebih dahulu.

Kata ajaib kedua yaitu tolong. Membiasakan si kecil untuk senantiasa mengawali kata tolong untuk setiap hal yang diminta. Hal ini menandakan rasa sopan karena selayaknya orang yang meminta tolong adalah orang yang sedang dalam kondisi kesusahan. Berusaha meyakinkan si kecil untuk menemui orang yang dimintai tolong, karena bagaimanapun ia adalah sosok yang lebih muda.

Kata ajaib yang terakhir adalah ucapan terima kasih. Hal ini dilakukan untuk menghargai seseorang. Apapun yang telah dilakukan oleh orang lain dan itu untuk kehidupan kita maka kita bisa menyampaikan rasa terima kasih.

Sebagai orang tua, kita bisa menerapkan dalam percakapan sehari-hari dengan pasangan. Maka ketika anak mengamati, lambat laun akan ikut meniru dan mencontoh apa yang telah orang tuanya lakukan.

Akhirnya ketika beranjak dewasa seorang anak diharapkan bisa mengimplementasikan apa yang sudah diajarkan oleh orang tuanya terkait kata ajaib tersebut.

Selain itu, ada banyak nilai moral yang didapatkan juga dengan menerapkan kata ajaib tersebut yakni jujur, rendah hati, berani, bertanggung jawab, dan bersyukur.

Oleh karena itu, beberapa hal tersebut menjadi urgensi pentingnya menerapkan kata maaf, tolong, dan terima kasih kepada anak-anak sejak dini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline