Lihat ke Halaman Asli

Shintia Puji Utami

Mahasiswa Statistika Universitas Airlangga

Kulit Wajah Terlihat Kusam? Ini Cara Mengatasinya

Diperbarui: 2 Januari 2023   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Siapa di sini yang merasa kulit wajahnya kusam? Jadinya kurang percaya diri kalau lagi keluar ketemu banyak orang. Eits, tenang aja. Disini aku bakal kasih tips untuk mengatasi wajah yang terasa kusam.

Aktivitas di luar ruangan tanpa memakai sunscreen di wajah merupakan salah satu hal yang harus kita hindari ya teman-teman. Karena hal ini bisa membuat sinar matahari mampu menembus kulit wajah kita dengan mudah yang menyebabkan wajah akan terlihat kusam.

Selain dengan rutin menggunakan skincare yang sesuai dengan kondisi wajah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan wajah bersih bersinar dan bonusnya bisa terlihat glowing dengan cara-cara berikut :

1. Mengonsumsi air putih secara rutin
Kita bisa mengonsumsi air putih sebanyak 1,5 liter dalam sehari, selain dianjurkan dalam dunia kesehatan untuk mencegah dehidrasi, minum air putih juga bisa membuat kulit wajah bisa ternutrisi sehingga akan terlihat lebih sehat. Pastinya air putih yang akan dikonsumsi harus dipastikan terlebih dahulu kalau layak minum ya.

2. Mengonsumsi jus tomat dicampur wortel
Mungkin konsumsi jus tomat dan wortel secara rutin bisa menjadi salah satu opsi mengonsumsi buah-buahan dan sayuran mayur dengan cara yang berbeda. Jus tomat dan wortel kaya akan vitamin C yang berasal dari tomat dan juga vitamin A yang berasal dari wortel. 

Selain bagus untuk menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan mata, mengonsumsi jus tomat dan wortel secara rutin juga dapat meningkatkan kecerahan pada kulit wajah. 

Selain itu, jika mempunyai beruntusan hal ini juga bisa meredakan sehingga beruntusan cepat kering. Ku udah mencoba sendiri, dan dalam jangka waktu yang lumayan yaitu sekitar 4 bulan, ada perubahan yang cukup signifikan dari wajah aku dimana wajah terasa lebih bersih dan terlihat glowing dari sebelumnya.

3. Memakai masker dari Aloe Vera
Seperti yang telah kita ketahui, bahwasanya di dalam aloe vera terkandung bahan-bahan yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, selain untuk menyuburkan rambut, aloe vera juga bisa dijadikan opsi untuk membuat wajah lebih tenang dan menjaga dari beruntusan-beruntusan yang bisa membuat wajah terlihat kurang nyaman. Untuk pemakaian pertama mungkin agak terasa gatal, namun setelah dicoba secara rutin rasa gatal yang muncul sudah agak berkurang.

Cara pemakaiannya yang mudah dan aloe vera sendiri mudah untuk ditemukan, menjadikan aloe vera sebagai salah satu opsi untuk menjadi masker wajah dengan cara cukup mengoleskan lendir yang tersimpan di batang tubuh aloe vera ke wajah secara merata dan tunggu hingga meresap kemudian dibilas. Hasilnya wajah akan terlihat lebih cerah dan lembab.

Mungkin itu beberapa tips untuk membuat kulit wajah terlihat bersih dan glowing anti kusam yang bisa kalian coba di rumah. Selain bahan-bahan yang mudah didapatkan, namun juga pengaplikasian yang tidak merepotkan. Selamat mencoba, semoga memberikan hasil yang sesuai harapan :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline