Lihat ke Halaman Asli

KKN UMD 69 PEKALANGAN

UNIVERSITAS JEMBER

KELOMPOK 69 KKN UMD UNEJ PERIODE 2023: PROFIL DAN POTENSI DESA PEKALANGAN

Diperbarui: 26 Agustus 2023   09:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi Penulis

Bondowoso - Desa Pekalangan merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tenggarang, Kabupaten Bondowoso. Universitas Jember memilih Desa Pekalangan sebagai salah satu desa tujuan kegiatan KKN. Kelompok 69 merupakan kelompok yang diterjunkan oleh Universitas Jember untuk melakukan kegiatan KKN di Desa Pekalangan yang berasal dari tujuh fakultas berbeda dengan anggota berjumlah 10 orang, di antaranya yaitu Naufal Reza Pahlevi sebagai Koordinator Desa yang berasal dari Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer, Dewi Shinta sebagai Sekretaris yang berasal dari Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya, Dinda Alvita Izza Henanta sebagai Bendahara yang berasal dari Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dinda Yunistri Ariani sebagai Sie Perlengkapan yang berasal dari Prodi Informatika Fakultas Ilmu Komputer, Diana Lutfiah sebagai Sie Perlengkapan yang berasal dari Prodi Penyuluhan Pertanian, Ferdiansyah Dwi Pratama sebagai Sie Pubdekdok yang berasal dari Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik, Fadhila Ilma Thariqul Jannah sebagai Sie Acara yang berasal dari Prodi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Meylani Kristianti sebagai Sie Acara yang berasal dari Prodi Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Sindi Dwi Agustin sebagai Sie Humas yang berasal dari Prodi Penyuluhan Pertanian Fakultas Pertanian, dan Ari Irawan Prasetyo Wibowo sebagai Sie Humas yang berasal dari Prodi Agronomi Fakultas Pertanian.

Dokumentasi Pribadi Penulis

Desa Pekalangan dipimpin oleh Kepala Desa dan dibantu oleh perangkat desa lainnya. Desa Pekalangan terdiri dari empat dusun: (1) Dusun Cermee; (2) Dusun Pancoran; (3) Dusun Krajan; dan (4) Dusun Berabi. Tiap dusun dipimpin oleh seorang kepala dusun dan khusus untuk Dusun Berabi dibagi menjadi dua, yaitu Berabi I dan Berabi II yang masing-masing dipimpin oleh kepala dusun yang berbeda.

Dokumentasi Pribadi Penulis

Sejak diterjunkan (12/07/2023), Kelompok 69 telah melakukan beberapa survei dengan hasil yang didapat yaitu Desa Pekalangan berada di ketinggian 244 mdpal, sehingga Desa Pekalangan ini termasuk dalam kategori wilayah dataran tinggi. Desa Pekalangan juga memiliki curah hujan sedang dan beriklim tropis basah, sehingga topografi Desa Pekalangan mayoritas berupa hamparan lahan pertanian dengan pelbagai jenis potensi atau komoditas yang dihasilkan, seperti padi, tembakau, jagung, dan sayur mayur. 

Dokumentasi Pribadi Penulis

Oleh karena itu, masyarakat Desa Pekalangan sebagian besar bermata pencarian sebagai petani dan sisanya sebagai buruh pabrik atau lainnya. Di Desa Pekalangan juga terdapat beberapa lembaga pendidikan, seperti SDN Pekalangan 1, SDN Pekalangan 2, SDN Pekalangan 3, Yayasan Al-Hikmah, dan Yayasan Pesantren Al-Ibrahimiy.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline