Lihat ke Halaman Asli

Prestasi OPSI Dikpora DIY SMAN 2 Bantul

Diperbarui: 25 Maret 2024   19:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) merupakan ajang bidang sains untuk menggali bakat dan talenta siswa SMP dan SMA. Tahapan seleksi OPSI tahun 2024 dimulai dari kegiatan registrasi, unggah proposal, reviu proposal, mendapatkan saran dan masukan, dan melaksanakan penelitian guna menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang turut serta dalam OPSI tahun 2024.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga melalui Bidang Pendidikan Menengah DIY yang bekerja sama dengan Science Hunter Indonesia (SHI) melakukan pembinaan, bimbingan, dan pelatihan terhadap 50 karya penelitian sebelum tahap pengiriman proposal penelitian ke Nasional yang dimulai pada bulan Maret 2024. SMAN 2 Bantul berhasil mengirimkan dua naskah yang lolos di DIKPORA DIY pada tahap seleksi awal.

Salah satu proposal yang diajukan yaitu karya ilmiah oleh Almira Ahadia Agustin kelas XI-1 SMAN 2 Bantul dengan bidang Fisika Terapan dan Rekayasa (FTR). Proposal yang diajukan berjudul "Inovasi Nitrogen Check Up untuk Pertanian Jagung melalui Artificial Intelligence Recognation Berbasis IT". "Saya memilih judul ini karena hasil pertanian jagung di Indonesia hanya mampu memenuhi kebutuhan pangan saja. Padahal jagung dapat digunakan sebagai bahan kosmetik, kebutuhan industri, dan pakan ternak", ujar Almira. Alasan ia mengajukan ide tersebut yaitu untuk mendukung kegiatan smart farming.

Adanya kegiatan ini dapat melatih peserta didik untuk meningkatkan inovasi dalam bidang penelitian. Selain itu, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analisis, kreatif, dan problem solving serta mengembangkan keterampilan abad 21 melalui eksplorasi ide dalam kegiatan penelitian. Dengan demikian dapat mencetak ilmuwan muda yang berkontribusi dalam membangun Indonesia melalui dunia ilmu pengetahuan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline