Lihat ke Halaman Asli

SHINTA VR

perusahaan teknologi

Fakta yang Tidak Kita Ketahui tentang Metaverse

Diperbarui: 19 September 2023   14:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

shintavr.com

Kita telah saksikan perkembangan dari berbagai platform inovatif Metaverse. Namun, seringkali kita luput mengetahui sejarah perkembangan perangkat keras teknologi Virtual Reality (VR) yang menjadi akses utama untuk memasuki dunia 3D Metaverse. Teknologi VR telah mengalami evolusi menakjubkan selama beberapa dekade terakhir. Mulai dari rintisan konsep awal VR hingga Headset VR mutakhir yang kita nikmati saat ini, perkembangan perangkat keras VR telah berperan penting menunjang pengalaman imersif yang semakin realistis.

Sejarah Teknologi VR

Konsep awal dan percobaan VR pertama kali muncul pada 1960an dengan bentuk seperti Sensorama. Era ini menjadi era pertama kali bagi teknologi VR untuk berhasil diterapkan setelah para ilmuwan meneliti konsep teknologi VR. Konsep awal tersebut menjadi pijakan yang menuntun kemajuan teknologi tampilan pada era 1990an ketika banyak perusahaan meluncurkan headset VR yang lebih canggih seperti Sega VR dan Virtuality. Meskipun terbatas pada segi imersivitasnya, perkembangan tersebut memberi pandangan tentang potensi besar yang dimiliki teknologi VR di kemudian hari.

Selain itu, di era 1990an, peminat teknologi VR masih terbilang sangat sedikit karena fitur-fitur headset VR yang simpel dan kurang nyaman untuk pengguna gunakan saat memasuki dunia virtual. Pada 2010an, kemunculan Oculus Rift melambungkan minat masyarakat global terhadap VR. Oculus Rift berhasil memperkenalkan tampilan visual berkualitas tinggi, pelacakan kepala dan posisi yang presisi, serta kontrol yang memungkinkan interaksi yang lebih alami dalam lingkungan virtual. 

Potensi Teknologi VR

Tingkat imersivitas perangkat keras VR ditandai dengan fokus pengembangan terhadap pelacakan kepala, tangan, dan tubuh yang akurat. Dengan demikian, sensasi pengguna saat menikmati teknologi VR tentunya akan terasa jauh lebih realistis ketika semua fokus tersebut terwujud. Semakin realistis pengalaman pengguna dalam lingkungan VR, maka semakin canggih potensi pengembangan perangkat keras VR ke depannya. 

Terlebih, penekanan pada desain yang nyaman dan peningkatan kualitas visual mesti menjadi perhatian inovasinya. Jika kita membandingkan desain pada headset VR 1990an dengan 2010an, tentunya desain terbaru memegang keunggulan yang luar biasa. Perangkat VR modern berusaha mengatasi efek jaringan layar, meningkatkan sudut pandang, serta meminimalisasi efek ketidaknyamanan pengguna dalam waktu yang lama. Pengembangan perangkat haptic feedback seperti sarung tangan dan rompi pun memungkinkan pengguna merasakan sensasi fisik di dunia virtual. 

Masa Depan Teknologi VR

Saat kita perlahan beralih ke masa depan, perkembangan perangkat keras VR terus menghadirkan potensi yang lebih menjanjikan. Dengan peningkatan resolusi, sudut pandang lebih luas, dan grafis lebih realistis, teknologi perangkat VR akan semakin mumpuni sehingga dapat memperdalam eksistensi realistis dunia virtual yang dapat kita indrawi. Pengembangan dari konsep awal yang sederhana hingga headset VR yang kian canggih dan memberi rasa nyaman yang kita kenal sekarang ini menunjukkan bahwa evolusi teknologi perangkat VR terus berupaya menghadirkan inovasi yang mengubah cara kita berinteraksi melalui teknologi. 

Bukan suatu bualan apabila kita mengatakan masa depan teknologi VR tampak cerah dan penuh dengan potensi baru yang menarik. Oleh karena itu, tidak ada ruginya kita tetap setia menjadi saksi bagi pengembangan teknologi perangkat VR yang berkelanjutan kedepannya. Sebab, teknologi selalu baru, dan dengan itulah kita mampu menjadi relevan, kapan pun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline