Lihat ke Halaman Asli

Butet Pagaraji

Seorang Guru, Penggila Tuhan dan Pencinta Ilmu, Alam Semesta serta Sesama Manusia

David Allen Kolb: Experiential Learning

Diperbarui: 17 Mei 2022   07:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: https://www.timetoast.com/timelines/intc-5410-adult-learning-theorists

Momentum Pencerahan 

Sebagai seorang guru, kita terlibat dalam banyak sekali aktifitas dan hal-hal yang sangat praktis, dimana kita seringkali; kemudian, merenungkan apa yang kita telah katakan dan lakukan di dalam suatu acara tertentu atau setelah acara tersebut berlalu.

Dan, dimana refleksi itu mungkin menemukan koreksi dan menghasilkan kesimpulan bahkan ide-ide baru tentang pengajaran yang kita lakukan, dan ingin kita terapkan di kemudian hari, dengan merencanakan berbagai penyesuaian sesuai hasil refleksi kita tadi.

Kegiatan refleksi tersebut di atas, bisa kita lakukan dalam siklus yang disengaja untuk tujuan meningkatkan pengajaran secara berkelanjutan.

Kita melakukan sesuatu, memikirkannya, menarik beberapa kesimpulan tentang itu, lalu berdasarkan kesimpulan itu kita beradaptasi; dan tentu saja, melakukannya lagi untuk melihat apa yang terjadi sebagai hasil dari adaptasi itu. Untuk kemudian memikirkan hal baru dari pengalaman itu, lalu menarik kesimpulan (lagi) dan beradaptasi lagi. Berlanjut begitu untuk seterusnya seperti sebuah siklus.

Proses ini disebut belajar dari pengalaman untuk membentuk dasar atau ide pembelajaran, yang  merupakan konsep EXPERIENTIAL THEORY OF LEARNING dari David Kolb, seorang ahli teori pendidikan Amerika.

David Allen Kolb

David Allen Kolb seorang tokoh besar berasal dari Amerika yang lahir pada 12 Desember tahun 1939 di Moline Illinois, dan dibesarkan di kota New York. 

Kolb dikenal sebagai tokoh filosof beraliran humanistik dan seorang psikolog sosial serta ahli teori pendidikan yang sangat berminat dan fokus pada perubahan individu dan sosial, pengembangan karir, dan pendidikan eksekutif dan profesional.

Ia dikenal karena penelitian gaya belajar dan belajar pengalaman. Pada tahun 1984 ia mempresentasikan model siklus pembelajaran pengalaman (experiential learning). Ia memperoleh gelar sarjana di Knox College pada tahun 1961 dan kemudian melanjutkan studinya ke Harvard serta mendapatkan gelar Ph.D. dalam psikologi sosial. 

Kolb adalah pendiri dan ketua ELBS atau Experience Based Learning Systems, Inc. Ia juga seorang Profesor Emeritus Perilaku Organisasi dalam Weatherhead School of Management di Case Western Reserve University Cleveland, Ohio.

Experiential Theory of Learning

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline