Lihat ke Halaman Asli

Online Journalism, Inovasi dalam Jurnalisme

Diperbarui: 19 Mei 2017   06:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Era globalisasi merupakan era mendunia di mana berbagai hal saling terhubung satu sama lain. Hal ini tentunya didukung dengan adanya penemuan-penemuan baru dan teknologi yang semakin mutakhir. Tak lepas dari teknologi, perkembangan persebaran informasi juga turut menjadi mutakhir.

Persebaran informasi berita akhirnya juga menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada. Jurnalisme tidak hanya ada di media cetak, penyiaran radio dan televisi, namun juga hadir pada media online. Meskipun tetap perlu disadari bahwa tidak semua informasi merupakan produk jurnalisme. Hanya informasi yang memiliki nilai berita dan patuh terhadap kaidah etik jurnalisme yang masuk dalam kategori berita.

Web tidak hanya koran, video tidak hanya televisi dan audio tidak hanya radio. Kita dapat melihat web http://www.npr.org, video http://video.nytimes.com/, dan podcast http://www.elpais.com/podcast/ dan bahkan jurnalisme televisi pun membuat konten tulis http://www.abc.net.au/news/. Tidak menggeserkan pakem dari suatu fokus media, namun menambah dengan menghadirkan inovasi-inovasi tertentu. Mengapa hal ini dilakukan? Hal ini dilakukan tentunya guna mengimbangi hadirnya teknologi dengan memberikan inovasi pada produk jurnalistik. Misalnya saja pada inovasi streaming.

Dalam produk barunya di ranah online, menulis online idealnya diberi batasan 800 kata. Hal ini dilakukan guna menghindari kebosanan para pembacanya. Tulisan dibuat ringkas dengan batasan agar fokus nilai berita yang ingin disampaikan menjadi jelas dan tentunya juga membuat pembaca agar tidak bosan saat mengakses berita. 

Ada pun karakteristik jurnalisme online, antara lain sebagai berikut

1. News can be aggregated

Berita bukanlah satu-satunya berita. Dengan memberikan label pada berita maka berita akan mudah dicari menggunakan search engine seperti misalnya melalui google.com. Berita yang populer akan mudah untuk ditemukan dengan memasukkan kata kunci tertentu untuk pencarian, karena bisa jadi ada banyak berita dalam satu kata kunci pencarian.

2. News can be sorted

Karena banyaknya berita, maka berita dapat disortir. Misalnya di situs http://news.bbc.co.uk/, kita bisa melihat urutan berita yang paling banyak dicari misalnya most watched/listened.

3. News can be ranked

Berita memiliki hal-hal khusus yang mengarah pada ketertarikan seseorang. Misalnya pada situs http://www.guardian.co.uk/mostviewed, kita dapat melihat dan memilih berita yang sering dilihat orang atau ramai dibicarakan oleh publik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline