Lihat ke Halaman Asli

Shinta Mayasari

Dosen program studi farmasi di Universitas dr Soebandi

Edukasi Tanaman Rempah untuk Meningkatkan Pengetahuan pada Karang Taruna

Diperbarui: 2 September 2023   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah terbanyak di dunia. Rempah adalah bumbu yang berasal dari tanaman atau tumbuhan dalam bentuk segar/basah maupun kering yang dicampurkan pada masakan sebagai penyedap .Rempah dikenal sebagai tanaman yang bersifat aromatic sebagai ciri khas dari rempah tersebut. Rempah merupakan bagian dari tanaman obat baik berupa akar, batang, kulit, daun, bunga buah, biji yang digunakan sebagai bumbu dasar, pengawet, pemberi rasa/aroma dan pewarna alami. 

Selain itu, rempah-rempah dapat digunakan sebagai bahan parfum, lulur, jamu, aroma terapi, obat herbal terstandar dan fitofarmaka.  Tanaman rempah banyak dikonsumsi dari kalangan remaja hingga lansia, karena kaya akan manfaatnya sebagai peningkat imun, selain sebagai bumbu masakan. Tanaman rempah banyak dikonsumsi dari kalangan remaja hingga lansia, karena kaya akan manfaatnya sebagai peningkat imun, selain sebagai bumbu masakan. Kandungan tanaman rempah yang terdapat didalamnya seperti alkaloid, flavonoid, terpenoid, minyak atsiri dan antioksidan mampu memberikan manfaat salah satunya sebagai peningkat imun, serta mengatasi symptom/keluhan seperti batuk, pilek dan kondisi yang kurang sehat.

Setiap item tanaman rempah memberikan beberapa kandungan kimia sehingga mampu memberikan sejuta manfaat yang penting untuk kesehatan. RT 5/RW 12 di Kelurahan Gebang Jember dengan sebutan Linkungan New Puri Cempaka membawai kegiatan Karang Taruna Garuda Cempaka, Rukun Kematian New Puri Cempaka, Pengajian Muslimat, Dasa Wisma, dan Koperasi. Karang Taruna Garuda Cempaka berdiri sejak tahun 2019, dan vakum selama tiga tahun tanpa ada kegiatan yang menunjang. Karang Taruna Garuda Cempaka terdiri dari beberapa anggota dari tingkat SD, SMP, SMA hingga Sarjana. 

Karang taruna dibentuk oleh RT setempat untuk membawai dan membatu kegiatan RTagar berkecimpung dalam dunia pendidikan diluar sekolah, dan bermasyarakat didalamnya. Kegiatan karang taruna yang ada di dalam masyarakat seperti membantu kegiatan kerja bhakti, kegiatan event 17 agustus, kegiatan pondok ramadhan, kegiatan positif lain yang mendukung kinerja dari RT. Sikap kebersamaan dan gotong royong tercipta didalam masyarakat karena adanya sikap saling menghormati, kerja sama dan rukun dalam bermasyarakat. Edukasi merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang ditujukan untuk peningkatan pengetahuan kepada masyarakat. 

Edukasi bisa diberikan dalam bentuk perorangan atau kelompok dan bisa dilakukan di suatu tempat yang kondusif. Manfaat dari edukasi adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan mengubah sikap atau perilaku menjadi lebih baik.Kegiatan edukasi diberikan secara langsung atau bertatap muka dengan metode penyampaian langsung/ceramah dan terdiri dari respon tanya jawab. 

Edukasi membuat pengetahuan menjadi meningkat dan mampu dipraktekkan dengan tujuan meningkatkan softkill. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dengan sasaran kegiatan pada karang taruna garuda cempaka. Metode kegiatan edukasi tanaman rempah dilakukan di ruang mushola AL-Hikmah RT 5/RW 12 kelurahan Gebang-Jember, pada hari Minggu, 25 Juni 2023 yang dihadiri oleh 23 anggota karang taruna dari tingkat SD, SMP, SMA hingga sarjana. 

Karang taruna ini dibawai oleh RT 5 dengan program kerja yang mendukung kegiatan di RT. Kegiatan edukasi diawali dengan perkenalan dari penyuluh yang memberikan materi didampingi oleh RT dan bersama mahasiswa yang terlihat dalam kegiatan MBKM. Dosen dan mahasiswa terlibat dalam kegiatan diluar kampus yaitu kegiatan pengabdian masyarakat. Mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah karang taruna yang dibawai oleh RT setempat. Perkenalan dilakukan ditahap awal untuk mempermudah komunikasi secara langsung, menumbuhkan semangat belajar dan silahturahmi antara karang taruna dan penyuluh. 

Kegiatan lain selanjutnya yaitu tim memberikan soal pretest untuk melihat pengetahuan sebeum diberikan materi oleh penyuluh. Kegiatan pretest berlangsung selama 10 menit dan disusul oleh kegiatan pemaparan materi dari penyuluh dengan durasi kurang lebih satu jam. Pemaparan materi disertai mempraktekkan tanaman rempah secara langsung untuk dibuatkan menjadi produk tertentu, menjelaskan bagian tanaman rempah hingga khasiat dan produk yang didapatkan untuk meningkatkan kesehatan.Disusul dengan kegiatan lain yaitu post-test yang berlangsung selama 5 menit. 

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul edukasi tanaman rempah untuk meningkatkan pengetahuan pada karang taruna garuda cempaka di kelurahan Gebang-Jember dapat meningkatkan pengetahuan anggota karang taruna yang dapat diukur dari hasil pengukuran awal di pre-test dan diakhiri di post-test. Edukasi terkait tanaman rempah mampu memberikan pemahaman kepada anggota karang taruna ketika didukung dengan kegiatan praktek secara langsung. Edukasi oleh tim penyuluh yang ahli dalam bidangnya mampu memberikan peningkatan pengetahuan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline