Lihat ke Halaman Asli

Pengenalan Dasar Mikrokontroler Wemos D1 Mini sebagai Smarthome Automation

Diperbarui: 8 April 2022   22:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Teknologi saat ini sangatlah berkembang sangat pesat, dimana bantuan rekayasa teknologi membuat segalanya menjadi lebih mudah. Perkembangan itu terus dikembangkan sampai pada titik rumah pintar (Smarthome). Smarthome dan didukung oleh internet mempermudah segala aktivitas di dalam maupun ketika di luar rumah. Masyarakat di Indonesia sangat tertarik dengan teknologi ini. Kenyamanan, keamanan, dan efisiensi setiap rumah yang dapat dikontrol jarak jauh dengan mudah dengan bantuan teknologi Internet of Things (IoT). Dengan bantuan IoT dapat mewujudkan teknologi rumah pintar ini. Menariknya segala perangkat rumah tangga yang ada di rumah dapat berinteraksi langsung dengan pemilik rumah.

gambar 1. anggota tim/dokpri

Sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Suhiro Wongso Susilo bersama kawan setimnya Mochammad Fikri, Sabastian Roy Nasier, dan Shinta Fadhilatus Syahidah, mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam kategori pendidikan melalui kegiatan sharing Pengenalan Dasar  Mikrokontroller Wemos D1 Mini Sebagai Smarthome Automation secara online melalui media web meeting.

Sasaran kegiatan ini adalah siswa sma/smk sederajat maupun mahasiswa yang memiliki minat dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk memperdalam keilmuwan khususnya dalam bidang IoT di era pesatnya kemajuan teknologi saat ini.

Kegiatan dimulai dengan penyebaran pamflet dan link meet untuk peserta melalui media social. Sharing Pengenalan Dasar Mikrokontroller Wemos D1 Mini Sebagai Smarthome Automation disampaikan oleh Suhiro Wongso Susilo dan Sabastian Roy Nasier sebagai moderator dibantu dengan Mochammad Fikri dan Shinta Fadhilatus Syahidah sebagai operator web meeting. Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan pada hari Minggu, 3 April 2022 pukul 20.45 WIB Sampai 22.05 WIB. Peserta yang menghadiri acara sebanyak 43 orang diantaranya terdiri dari pelajar pada jenjang pendidikan sma sebanyak 13 orang, jenjang pendidikan SMK sebanyak 3 orang, dan dari perguruan tinggi sebanyak 27 orang.

gambar 2. Penyampaian materi/dokpri

Suhiro Wongso Susilo menyampaikan topik tentang smarthome automation sebagai langkah awal pemantik semangat para audiens untuk memperdalam ilmu mengenai IoT (Internet of Think) dibidang smarthome automation yang telah berkembang diseluruh negara di dunia, khususnya untuk kemajuan teknologi di masa sekarang yang mana aktivitas manusia sehari-hari serba menggunakan teknologi digital.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan ini, karena kemajan teknologi akan  berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi manusia. Kehidupan manusia tidak lepas dari keberadaan teknologi. Artinya, bahwa teknologi adalah keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada karakteristik efisiensi dalam setiap aktivitas manusia.(Hadiono & Noor Santi, 2020)

dokpri

gambar 3 & 4. pembukaan sesi tanya jawab/dokpri

Kegiatan sharing Pengenalan Dasar Mikrokontroller Wemos D1 Mini Sebagai Smarthome Automation ini diadakan dengan tujuan meningkatkan semangat pada kalangan muda terpelajar khusunya audiens yang telah bergabung dalam web meeting dalam upaya memajukan bangsa Indonesia agar dapat bersaing dengan negara maju. Dengan penyampaian materi pada kegiatan tersebut, diharapkan dapat menjadi pemantik rasa ingin tahu dan semangat kepada generasi muda khususnya yang tertarik pada bidang smarthome automation untuk menjadi pelopor utama pemanfaatan teknologi IoT ini di rumah maupun daerah tempat tinggal masing-masing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline