Lihat ke Halaman Asli

Pertanyaan Efektif

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Tujuan utama dalam pembelajaran matematika adalah meningkatkan kemampuan berpikir. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah melalui pertanyaan. Agar dapat berpikir, kita harus berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan yang merangsang pemikiran kita. Dalam pembelajaran, pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa dimunculkan oleh guru maupun siswa. Guru diharapkan dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa.

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan efektif guru dapat menolong siswa dalam menghubungkan konsep, membuat kesimpulan, meningkatkan kesadaran, mendorong kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif, mendorong proses berpikir kritis, dan mengeksplor lebih dalam tentang pengetahuan, berpikir, dan pemahaman siswa.

Pertanyaan yang efektif memiliki beberapa karakteristik. Berikut ini beberapa karakteristik dari pertanyaan efektif.

1.Menuntut siswa berpikir, tidak sekedar mengingat dan menyebutkan

2.Bersifat atau mengarah pada pertanyaan yang open ended

3.Memungkinkan jawaban beragam

4.Memungkinkan siswa memaknai matematika dari proses menjawab pertanyaan tersebut

5.Memungkinkan guru menilai secara holistik kemampuan matematika siswa

Berdasarkan karakteristik pertanyaan di atas, "bersifat atau mengarah pada pertanyaan yang open ended" merupakan karakteristik dari pertanyaan efektif yang kemungkinan besar dapat membelajarkan siswa secara maksimal karena pada soal open ended memungkinkan siswa memberikan jawaban yang beragam tingkat kebenarannya dan juga dapat melatih siswa untuk memahami pertanyaan yang diajukan, pertanyaan ini juga mengarah bagaimana menjawab pertanyaan tersebut.

Untuk mengetahui pertanyaan yang diajukan efektif atau tidak, perhatikan pertanyaan berikut ini!

1. Tentukan hasil dari: 5 x 6 : 2 + 5 - 12 =...

2.Buatlah satu soal yang melibatkan operasi perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan yang hasil adalah 8

Pertanyaan no 1 merupakan pertanyaan yang kurang efektif karena siswa hanya dituntut untuk menentukan hasilnya dengan memerhatikan aturan pada operasi hitung.

Pertanyaan no 2 merupakan pertanyaan yang efektif karena menuntut siswa untuk berpikir, bilangan apa saja yang dapat dipakai dan juga dengan memerhatikan aturan pada operasi hitung. Pertanyaan ini memungkinkan siswa untuk memberikan jawaban yang sangat beragam.

Melihat betapa pentingnya mengajukan pertanyaan yang efektifmendorong saya untuk terus belajar cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang efektif. Saya akan membiasakan untuk memberikan pertanyaan yang bersifat open ended dan menghindari pertanyaan yang bersifat tertutup.

"Artikel ini adalah bagian dari tugas Diklat Online P4TK Matematika".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline