Lihat ke Halaman Asli

Penerapan PAUD Inklusi Berbasis Holistik-Integratif untuk AUD

Diperbarui: 17 Oktober 2017   20:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Penerapan PAUD Inklusi Berbasis Holistik-Integratif untuk AUD  

Tahap pra operasional adalah tahap yang sangat tepat untuk menanamkan nilai dan pendidikan yang tepat untuk anak, termasuk status gizi yang menjadi salah satu aspek terpenting guna mendukung tumbuh kembang, pembentukkan karakter, serta kecerdasan yang akan dibawa hingga usia dewasanya.

Pendidikan anak usia dini merupakan sarana yang efektif dan tepat untuk mengenalkan nutrisi yang penting bagi tumbuh kembang anak dengan stimulasi yang sesuai dengan tahapan usia mereka.

Berbagai studi menunjukkan bahwa periode 5 tahun pertama dalam kehidupan anak adalah masa emas (golden periode) atau jendela kesempatan dalam meletakkan dasar-dasar tumbuh kembang seorang anak. Pada masa emas ini dapat menentukan kualitas kesehatan fisik, mental, emosional, sosial, kemampuan dasar dan perilaku sepanjang hidupnya agar menjadi anak yang berkualitas dan berdaya saing dimasa depan.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak, ada 2 hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua, pengasuh dan para pendidik, antara lain yaitu :

  • Memenuhi kebutuhan dasar sang anak untuk mencapai tumbuh kembang yang baik secara optimal.
  • Melakukan stimulusi, deteksi dan intervensi dini untuk tumbuh kembang anak.

Kedua upaya tersebut dapat dilakukan sendiri oleh para orang tua dirumah dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada disekitar lingkungan rumah.

Pengertian holistik sendiri adalah berhubungan dengan sistem keseluruhan sebagai satu kesatuan lebih daripada sekedar kumpulan bagian (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994). Sedangkan integral adalah tidak terpisahkan atau terpadu, sementara integrasi adalah berpadu atau bergabung supaya menjadi satu kesatuan yang utuh (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1994). Untuk itu pengembanagn anak usia dini holistik dan integrative adalah pengembangan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling berkait secara simultan dan sistematis (Bappenas, 2006).

Pendidikan inklusif merupakan sebuah konsep yang muncul untuk memberi solusi terhadap persoalan pendidikan yang belum sepenuhnya dapat diakses oleh setiap orang karena berbagai keterbatasan yang mereka miliki, baik kognitif, fisik, sosial ekonomi, maupun anak berkebutuhan khusus (ABK). Menurut Stubbs pendidikan inklusif merupakan sebuah strategi untuk mewujudkan pendidikan universal guna menciptakan sekolah yang responsive terhadap beragam kebutuhan aktual anak dan masyarakat dan mensyaratkan IBK (Individu Berkebutuhan Khusus) belajar disekolah-sekolah terdekat bersama teman sebayanya.

Dalam penyelenggaraan pengembangan anak usia dini berbasis holistik integrative di satuan PAUD meliputi beberapa layanan yang akan diterapkan di satuan PAUD yaitu :

  • Layanan pendidikan
  • Layanan kesehatan, gizi dan perawatan
  • Layanan pengasuhan
  • Layanan perlindungan
  • Layanan kesejahteraan

Layanan PAUD holistik-intrgratif ini meliputi 6 aspek perkembangan anak usia dini, yakni perkembangan kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, moral dan agama dan perkembangan motorik anak. Dalam penerapan PAUD Inklusi berbasis holistik-integratif, para lembaga maupun pendidik sekolah juga harus menekankan layanan kesehatan dan gizi serta stimulasi serta layanan PAUD juga harus memiliki konsep program berbasis keluarga dan komunitas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline