Lihat ke Halaman Asli

Shinta Devi Putri Hana Pertiwi

Hai semuanya, semoga berita yang saya buat bisa bermanfaat untuk semuanya~

KKN BTV III UNEJ Kelompok 34 Berikan Edukasi Covid-19 di Kelurahan Keranjingan, Kecamatan Sumbersari, Jember

Diperbarui: 1 September 2021   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

whatsapp-image-2021-08-26-at-12-36-38-612f7b1306310e02db56e2c2.jpeg

(Gambar 1. Kantor Kelurahan Keranjingan) Dokpri

          Program Kuliah Kerja Nyata Back To Village ( KKN BTV ) Universitas Jember telah memasuki periode ketiga pada tahuhn 2021. KKN BTV selayaknya program pada tahun sebelumnya yang dilaksanakan di kampung halaman masing -- masing mahasiswa ( Back To Village ) atau dikenal dengan istilah pulang kampung. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk pencegahan pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yang sudah menyebar luas sejak tahun 2019. Lokasi desa yang menjadi sasaran dari program KKN BTV yaitu Desa Keranjingan. Dimana Kelurahan Keranjingan merupakan salah satu bagian dari Wilayah Kecamatan Sumbersari , Kabupaten Jember , Jawa Timur. Luas Kecamatan Sumbersari yaitu 37,05 . Kecamatan sumbersari dibagi menjadi 7 Kelurahan / Desa yaitu Kebonsari , Sumbersari , Keranjingan , Karangrejo , Tegalgede  , Wirolegi , dan Antirogo.

            Program KKN BTV memiliki beberapa topik tematik yang dapat dipilih salah satunya Program Literasi Desa Pada Masa Pandemi Covid-19 yang diambil oleh mahasiswa KKN. Target sasaran yang dipilih yaitu 3 Ibu PKK dan 2 Remaja warga Perumahan Graha Permata Indah , Desa Keranjingan , Kecamatan Sumbersari , Kabupaten Jember. Rata -- rata Ibu-ibu di desa ini berprofesi sebagai Ibu rumah tangga dan tidak bekerja , dan Remaja yang menjadi sasaran telah menempuh SMA. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan mahasiswa masih banyak warga desa yang belum mengetahui secara jelas tentang covid-19 seperti apa , bagaimana proses vaksinasi covid-19 . bagaimana tata laksana Isolasi atau Isolasi Mandiri dan cara menjaga pola hidup sehat. Warga di desa Keranjingan , juga banyak yang belum patuh akan protokol kesehatan , seperti jarang menggunakan masker ketika keluar rumah. Warga di desa ini masih ada yang menyepelekan pandemi covid-19 ini , banyak yang tidak percaya dengan adanya pandemi covid-19. Kondisi tersebut sangat memprihatikan karena dapat berdampak pada kondisi kesehatan dan lingkungan masyarakat.

       Pada program KKN BTV III Mahasiswa akan memberikan edukasi tentang Pandemi Covid-19 yang meliputi vaksinasi , isolasi mandiri dan pola hidup sehat. Mahasiswa KKN akan memberikan edukasi yang dilanjutkan dengan diskusi , dilakukan 1-2 kali dalam satu minggu. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring / online yang akan diikuti 3 Ibu PKK dan 2 Remaja untuk mencegah kerumunan pada masa pandemi. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan minat warga desa dalam menerapkan pola hidup sehat juga protokol kesehatan serta vaksinasi dimasa pandemi Covid-19.

Dokpri

(Gambar 2. Edukasi dan Diskusi dengan Sasaran) Dokpri

Kegiatan KKN BTV III dilaksanakan selama 30 hari pada tanggal 11 Agustus 2021 -- 09 September 2021. Pada minggu pertama, mahasiswa KKN akan melakukan observasi lokasi dan target sasaran , kemudian menganalisis masalah untuk penyusunan program kerja. Setelah melakukan observasi dan analisis, pada minggu pertama ini akan dilanjutkan pengenalan diri, penjelasan program kerja dan penjelasan singkat mengenai covid-19 melalui Zoom Meeting. Pada minggu kedua, mahasiswa KKN memberikan edukasi dengan membagikan Video di Grup WA mengenai Vaksinasi Covid-19 dan diskusi bersama sasaran melalui Zoom Meeting. Pada minggu ketiga akan dilaksanakan pemberian materi mengenai Isolasi Mandiri dan diskusi di Zoom Meeting, serta mahasiswa KKN akan membagikan Poster melalui Grup WA. Pada minggu keempat mahasiswa akan memberikan edukasi singkat mengenai Pola Hidup sehat pada sasaran melalui Zoom Meeting. Pada minggu terakhir , waktunya untuk penulis menyusun laporan hasil akhir.( Shinta Devi/KELOMPOK KKN 34/Keranjingan/Sumbersari/Jember/Winda Amilia, S.TP.,M.Sc.)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline