Lihat ke Halaman Asli

Shinta Puspa Kiranasari

Universitas Islam Negeri Sunan Kaliaga Yogyakarta

Strategi Bisnis ala Jerome Polin

Diperbarui: 20 Mei 2024   02:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jerome Polin Sijabat, sebuah nama yang tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Seorang influencer dan Youtuber ternama Indonesia dengan jumlah subscriber 10,5 juta per Mei 2024. Bahkan ia juga masuk dalam Forbes 30 Under 30 Asia pada April 2021 dan masuk pada Fortune Indonesia 40 Under 40 pada Februari 2023. Nama Jerome Polin mulai dikenal semenjak 2017 melalui channel youtube Nihongo Mantappu. Dikenal sebagai konten kreator edukatif yang cinta matematika, kini entrepreneur muda tersebut merambah kesuksesannya di bidang bisnis yang  banyak membuat anak muda terinspirasi untuk menjejaki kesuksesan Jerome Polin.

Disisi lain, kesuksesan Jerome Polin tak lepas dari peran kakak kandungnya Jehian Panangian Sijabat. Kakak adik ini sukses mendirikan talent management bernama Mantappu Corp bersama teman-temannya. Berdiri sejak 2018, Mantappu Corp telah memfasilitasi lebih dari 50 brand dan terus berkomitmen memberikan Key Opinion Leader berkualitas tinggi seperti Jerome Polin, Jehian Sijabat, Jang Hansol, Erika Ebisawa, Leonardo Edwin, Lukas Will, Yusuke Sakazaki, Takuya Ohsawa, Tomohiro Yamashita, Ryoma Otsuka, dan lainnya.

Sederet bisnis lainnya dari Jerome Polin diantaranya adalah bisnis minuman kekinikian bernama Menantea, bisnis makanan yakni Kumaw Ramen, platform pendidikan Q&A Group serta perusahaan jasa penyewaan studio dan Production House yang berkolaborasi bersama youtuber Turah Parthayana.

Selain dikenal dengan konten kreator dan pebisnis, Jerome menjadi seorang influencer media sosial atau orang yang berpengaruh dan memiliki nama besar di Indonesia. Ia juga sukses menjadi duta merek iklan dan brand ambassador di beberapa perusahaan terkemuka, misalnya Samsung, Zenius, Bibit dan Tokopedia.

Kesuksesan bisnis ala Jerome Polin ini diraih dengan cara yang kreatif dan cerdas. Hal ini dapat dilihat dari bisnis Menantea yang sejak berdirinya pada tahun 2021 menjadi tempat favorit para pecinta teh dan kuliner. Menantea menjadi pelopor tren minuman yang sedang naik daun. Berikut strategi bisnis Menantea ala Jerome Polin.

Menerapkan Pre-launch Content

Pre-launch content merujuk pada informasi yang dibuat dan dirilis sebelum peluncuran resmi suatu produk. Tujuannya adalah menciptakan kegembiraan, meningkatkan kesadaran merek, dan menarik perhatian agar peluncuran sukses ketika produk atau layanan tersebut tersedia. Dalam bisnis Menantea, Jerome dan tim membuat campaign untuk pre-launch dengan membuat cerita atau story mengenai Menantea serta menghubungkan antara nama menu yang dijual dengan background Jerome yang merupakan seorang ahli matematika dalam akun instagramnya.

Sosial Media Activation 

Aktivasi media sosial yang menarik untuk berbagi informasi dan membangun keterlibatan konsumen dalam produk yang ditawarkan.  Menantea sangat aktif dalam media sosial salah satunya akun instragram yang kini sudah diikuti oleh 570 ribu pengikut. Dalam akun instragramnya Jerome Polin juga kerap kali membagikan kuis matematika untuk free menantea yang sesuai dengan branding imagenya.  

Kolaborasi 

Kolaborasi merupakan kerja sama atau keterlibatan bersama antara dua atau lebih pihak untuk mencapai tujuan bersama. Menantea kerap kali melakukan kolaborasi dengan artis atau influencer untuk menunjang penjualan seperti kolaborasi dengan Erika Ricardo. Selain itu juga bisnis ini sering terdapat kolaborasi menu, potongan harga, dan lainnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline