Lihat ke Halaman Asli

Shinta Azahra

Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya

NCT, Subunit, dan NCTzen

Diperbarui: 21 Desember 2023   11:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Keberhasilan NCT dalam Merajai K-Pop Global: Keunikan Subunit, Tantangan, dan Komitmen Penggemar.
Pada saat ini, musik popular dari Korea Selatan yang biasa dikenal dengan sebutan K-Pop telah mendominasi panggung musik dunia. Keberhasilan genre musik ini tidak hanya menciptakan gelombang popularitas, tetapi juga memperluas daya tarik budaya Korea ke seluruh penjuru dunia. Keberhasilan tersebut terjadi pada boy grup K-Pop yang bernama NCT ( Neo Culture Technology) boy grup asal Korea Selatan yang dinaungi oleh SM Entertaiment. Grup ini dikenal unik karena konsepnya yang mencakup subunit-subunit dengan anggota yang berbeda-beda, terdiri dari NCT Dream, NCT 127, NCT U, dan WayV.
Keunggulan utama dari sistem subunit NCT adalah kemampuannya yang melibatkan diri dalam berbagai genre musik. Masing-masing subunit membawakan sentuhan unik yang memungkinkan anggota untuk bereksperimen dengan suara dan konsep yang berbeda-beda. NCT juga membuktikan bahwa eksplorasi tak terbatas dalam genre musik merupakan kunci untuk menciptakan daya tarik universal di panggung musik internasional, dan NCT selalu mempertahankan keberagaman musikal nya yang menjangkau berbagai lapisan pendengar.
Meskipun konsep subunit telah membawa kesuksesan besar, NCT juga dihadapkan pada tantangan, seperti perubahan dalam susunan anggota. Perubahan susunan anggota di beberapa subunit, seperti NCT U  tidak memiliki anggota tetap, menjadi tantangan dalam menciptakan identitas yang konsisten. Meskipun demikian, hal ini juga membuka pintu bagi setiap member untuk eksplorasi lebih lanjut, yaitu dengan cara setiap rilis album merupakan waktu yang tepat untuk mereka menampilkan ide-ide yang unik dan mengeksplorasi di dalam  grup yang berbeda.

Dok. pribadi

Dengan adanya unit-unit yang berbeda memberikan kekayaan konten bagi penggemar, dengan perilisan album, video, dan konser yang terfokus pada masing-masing unit. Menutip dari akun X @markleephrince pada tahun 2022 menjelaskan bahwa nama  untuk penggemar NCT, yaitu "NCTzens" atau "Sijeuni" dalam bahasa Korea, ini memiliki makna sebagai "Musim Czens." Julukan ini menunjukkan bahwa para penggemar sebagai musim yang selalu ada dan dekat dengan NCT, serta bersedia memberikan dukungan kepada mereka. Sebutan ini menunjukkan keterlibatan dan hubungan erat antara penggemar dan NCT yang menciptakan ikatan kuat dalam mendukung grup tersebut.

Meskipun NCT memiliki beragam subunit yang menawarkan variasi konsep musik dan gaya pertunjukan, penggemar tetap setia dan banyak. Karena keberadaan subunit tersebut justru memberikan keleluasaan kepada para penggemar untuk memilih dan mengidolakan anggota atau subunit favorit mereka sesuai dengan preferensi pribadi. Di setiap subunit menyajikan konsep yang unik, NCT menciptakan ruang bagi para penggemar untuk bisa mengeksplorasi berbagai aspek artistik mereka, dan juga para penggemar dapat menikmati penampilan dan karya musik yang sesuai dengan selira mereka. Keberagaman ini sebagai salah satu daya tarik utama yang menjaga kepopuleran dan ketahanan NCT di mata penggemar setia mereka.

Kericuhan/perpecahan antar fans nct bisanya disebabkan oleh oknum yang bisa disebut "sasaeng". Mengutip dari situs web PramborsFM menjelaskan bahwa, Sasaeng berasal dari bahasa Korea, yaitu gabungan dari "sa" yang artinya "pribadi" dan "saeng" yang berarti "kehidupan." Dalam konteks ini, sasaeng dapat diartikan sebagai penggemar yang menyerang kehidupan pribadi selebritas, atau dengan kata lain sebagai stalker. Fans K-Pop sangatlah tidak suka ketika idol mereka dibuntuti oleh sasaeng karena sasaeng akan melakukan apa saja sampai hal yang membahayakan demi melihat idol nya. Dengan begitu demi melindungi idolnya beberapa komunitas penggemar NCT memberikan edukasi kepada sesama penggemar untuk selalu meningkatkan kesadaran mengenai etika dan perilaku di sosmed/kehidupan nyata terkait dengan idolnya. Penting untuk dicatat bahwa tindakan sasaeng bukanlah representasi dari seluruh penggemar K-pop tersebut juga karena banyak juga  fans yang bersikap etis serta mendukung idola mereka dengan cara yang positif.

Sebagai penggemar, mari kita menghormati privasi dan kehidupan pribadi idol kita. Dengan memiliki batasan dan menghargai ruang pribadi mereka adalah cara kita menunjukkan dukungan dan kasih sayang. Tindakan sasaeng yang melanggar privasi tidak hanya akan berdampak pada artis yang kita cintai, tetapi juga dapat membahayakan keselamatan dan kesejahteraan mereka. Mari bersama-sama membentuk komunitas penggemar yang positif dan etis, di mana kita dapat mengekspresikan dukungan tanpa melanggar privasi mereka. Ingatlah bahwa mereka seperti kita semua, yaitu individu yang berhak mendapatkan rasa hormat dan privasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline